240 WNI Meninggal Akibat Covid-19 di Luar Negeri

  • Bagikan
Ilustrasi sebaran Covid-19. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)


Jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) terkonfirmasi Covid-19 di luar negeri terus bertambah. Hingga Sabtu, 11 September 2021 pagi, jumlahnya mencapai 5.891 orang. Berdasarkan data yang dirilis Kementerian Luar Negeri (Kemlu), ada tambahan WNI terkonfirmasi Covid-19 di Iran. Ada pula tambahan WNI sembuh di Iran, India, dan Vietnam. Selain itu, ada laporan WNI meninggal di Iran.

“Total WNI terkonfirmasi di luar negeri adlh 5.891: 4.974 sembuh, 240 meninggal & 677 dalam perawatan,” demikian dikutip dari akun Twitter MoFA Indonesia @Kemenlu_RI.

Jika dibandingkan dengan data pada Jumat kemarin, ada tambahan satu WNI Covid-19 dan meninggal dunia. Jumlah yang sembuh bertambah delapan orang. Diketahui, pada 10 September 2021, total WNI terkonfirmasi di luar negeri adalah 5.890. Rinciannya, 4.966 sembuh, 239 meninggal, dan 685 dalam perawatan.

Infografis data sebaran Covid-19 WNI di luar negeri. (Grafis: Istimewa)

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan 2,24 persen dari 7.179 WNI yang telah melakukan perjalanan internasional positif Covid-19 saat kembali ke Indonesia. Hasil tes dari negara asal keberangkatan dinyatakan negatif. Beberapa negara asal keberangkatan WNI di antaranya Arab Saudi, Malaysia, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), dan Singapura.

Kemenkes lalu mengimbau agar pintu pintu masuk ke Republik Indonesia seperti bandara, pelabuhan laut internasional diperketat.

“Perketat prosedur screening dan pengawasan pelaku perjalan,” tegas Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kemenkes Siti Nadia Tarmizi dalam keterangannya pada media secara daring.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *