Euro, Viral  

29 Tahun, Denmark Tembus Semifinal Euro Dipicu Eriksen Kolaps

Selebrasi timnas Denmark usai mengalahkan Republik Ceko dengan skor tipis 2-1, sekaligus mengantarkan ke babak semifinal Euro 2020. (Foto: Twitter)

[ad_1]

Timnas Denmark melangkahkan kaki ke babak semifinal. Kepastian itu didapat usai Denmark menang tipis atas Republik Ceko dengan skor 2-1 di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Sabtu 3 Juli 2021 malam waktu Indonesia.

Denmark sukses memimpin 2-0 di babak pertama lewat Thomas Delaney dan Kasper Dolberg. Delaney mencetak gol di menit kelima lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan sepak pojok dari Jens Stryger Larsen.

Tiga menit jelang babak pertama usai, Kasper Dolberg menggandakan keunggulan setelah memaksimalkan umpan brilian Joakim Maehle. Di babak pertama, Denmark berhasil tampil dominan dan punya sejumlah peluang untuk mencetak lebih banyak gol.

Setelah tertinggal dua gol di babak pertama, Ceko melakukan dua pergantian dengan menurunkan Jakub Jankto dan Michael Krmencik. Pergantian ini membuat Ceko seolah lebih bertenaga. Kasper Schmeichel dipaksa melakukan dua penyelamatan penting di awal babak kedua atas tembakan dari Krmencik dan Antonin Barak.

Babak Kedua

Di babak kedua, Republik Ceko sejatinya berhasil menunjukkan perubahan drastis pada penampilannya. Ceko sukses memperkecil kedudukan lewat Patrik Schick. Umpan silang Vladimir Coufal berhasil diteruskan oleh tembakan terarah Schick yang tidak bisa dijangkau oleh Schmeichel.

Setelah mencetak gol balasan, Ceko makin semangat mengurung pertahanan Denmark. Tak mau terus tertekan, Denmark juga memilih melakukan pergantian pemain dengan menurunkan Yussuf Poulsen dan Christian Noergaard untuk menggantikan Dolberg dan Mikkel Damsgaard. Pergantian ini terbilang efektif karena Denmark bisa kembali merepotkan pertahan Ceko dan tak melulu berada dalam tekanan.

Poulsen mendapatkan kesempatan untuk memperbesar keunggulan di menit ke-69 tetapi tendangannya masih lemah sehingga mudah ditangkap Tomas Vaclik. Dia lagi-lagi jadi sosok yang tetap membuka harapan Ceko lewat dua penyelamatan penting. Vaclik menggagalkan tembakan Poulsen dan Maehle di menit ke-78 dan 82.

Tetapi, Denmark tetap dapat tampil tangguh hingga mempertahankan keunggulannya sampai peluit panjang akhir laga dibunyikan wasit.

Tragedi Eriksen Kolaps

Insiden yang dialami Christian Eriksen di awal Piala Eropa 2020 insiden yang nyaris merenggut nyawa. Tragedi itu, kata kapten Simon Kjaer, membuat timnas Denmark menjadi jauh lebih menyatu.

Sebagaimana diketahui, pada laga perdana Denmark di babak penyisihan grup, Cristian Eriksen yang diturunkan untuk menghadapi Finlandia, tiba-tiba terlihat kolaps di tengah laga.

Hal itu tepatnya terjadi pada menit ke-42, Christian Eriksen terlihat kolaps usai menendang bola dan kemudian jatuh terkapar. Sontak, aksi ini membuat panik banyak pihak.

Tetapi, Simon Kjaer yang berada di dekat Christian Eriksen bisa dengan sigap memberikan CPR sembari menunggu tim medis masuk ke lapangan untuk menangani Christian Eriksen. Selama Christian Eriksen mendapat penanganan tim medis di lapangan, para penggawa Denmark pun menyusul Simon Kjaer untuk membentuk pagar pelindung di sekelilingnya. Nyawa Christian Eriksen pun akhirnya bisa tertolong.

Simon Kjaer pun mengakui bahwa kejadian itu telah memberi pengaruh terhadap kondisi skuadnya yang menjadi jauh lebih menyatu saat ini. Insiden itu pun telah memberi semangat lebih kepada mereka untuk mendulang hasil manis di setiap laga.

Susunan Pemain

Republik Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik; Vladimir Coufal, Ondrej Celustka (Jakub Brabec 65), Tomas Kalas, Jan Boril; Tomas Holes (Jakub Jankto 46), Tomas Soucek; Lukas Masopust (Michael Krmencik 46), Antonin Barak, Petr Sevcik (Vladimir Darida 80); Patrik Schick (Matej Vydra 80)

Denmark (3-4-3): Kasper Schmeichel; Andreas Christensen (Joachim Andersen 81), Simon Kjaer, Jannik Vestergaard; Jens Stryger Larsen (Daniel Wass 71), Pierre-Emile Hoejbjerg, Thomas Delaney (Mathias Jensen 82), Joakim Maehle; Martin Braithwaite, Kasper Dolberg (Yussuf Poulsen 60), Mikkel Damsgaard (Christian Noergaard 60)



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.