3 Rekor Ronaldo Usai Cetak 2 Gol ke Gawang Prancis

  • Bagikan
Cristiano Ronaldo usai mencetak 2 gol ke gawang Prancis. (Foto: UEFA)


Meski usianya sudah 36 tahun, Cristiano Ronaldo belum memperlihatkan penurunan sama sekali. Baik itu secara fisik maupun permainan di lapangan. Ia berhasil mencetak brace atau dua gol ke gawang Prancis, pada laga pamungkas Grup F Euro 2020. Dua golnya juga membawa Seleccao daa Quinas lolos babak 16 besar Euro 2020.

Dengan dua gol tersebut, kapten Portugal itu berhasil mematahkan 3 rekor sekaligus. Baik di kancah Euro maupun penampilan internasionalnya bersama Portugal. Ia hanya butuh 1 gol tambahan untuk menjadi manusia pertama yang berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah di kancah resmi internasional.

Berikut 3 rekor yang dipecahkan pemain Juventus tersebut:

1. Cetak 109 gol internasional

Ronaldo berhasil mencetak 2 gol ke gawang Prancis tadi pagi. Dengan begitu, kini ia memiliki rekor 109 gol internasional bersama Portugal. Ia menyamai rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam laga resmi internasional milik legenda Iran, Ali Daei yang juga mencetak 109 gol. Namun Ali sudah pensiun sejak beberapa tahun lalu. Sedangkan Ronaldo masih memiliki kesempatan menambah pundi-pundi golnya melampaui Ali.

Eks pemain Manchester United itu hanya butuh mencetak 1 gol lagi, untuk menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di dunia, dalam laga resmi internasional. Namun jika ia berhasil mengantar Portugal hingga babak final, dan belum berhasrat untuk gantung sepatu, entah berapa gol lagi yang akan ia persembahkan untuk Portugal. Dengan penampilannya yang tak menurun sama sekali, pantas saja Ronaldo sering disebut bukan manusia, melainkan robot.

2. Pemain Eropa dengan gol resmi internasional terbanyak

109 gol yang ia cetak sepanjang karirnya bersama Portugal sejak 2004, membuatnya memimpin klasemen pencetak gol terbanyak bagi pemain asal Eropa di kancah internasional. Ia unggul jauh dari bintang Real Madrid Ferenc Puskás, yang hanya berhasil mencetak 84 gol bersama timnas Hungaria dan Spanyol.

Selain itu juga ada nama legenda Hungaria Sándor Kocsis yang ia berhasil lewati. Kocsis hanya mencetak 75 gol selama bermain untuk Hungaria. Bahkan nama bintang dan legenda Jerman, Gerd Muller dibabat habis oleh Ronaldo. Selama membela Jerman Barat, Muller yang saat bermain adalah bintang, hanya berhasil catatkan 68 gol untuk negaranya.

Bukan hanya bintang-bintang legenda yang dilewati pemain asal Madeira itu. Rekor Ronaldo juga jauh di atas legenda-legenda Eropa sepantarannya. Seperti Robert Lewandowski yang masih mencetak 69 gol untuk Polandia, Zlatan Ibrahimovic yang cetak 62 gol untuk Swedia, hingga sekelas Thierry Henry yang hanya mencetak 51 gol untuk Prancis.

3. Pencetak Gol Terbanyak di Turnamen Euro

Kesaktian Ronaldo benar-benar terjadi. Usianya sudah tak muda lagi, namun ia tetap atraktif di lapangan hijau. Dengan dua golnya ke gawang Prancis, kini ia memegang kendali sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol di turnamen Eropa tersebut dengan 14 gol. Ia jauh meninggalkan legenda Prancis, Michel Platini yang cetak 9 gol.

Ronaldo juga meninggalkan legenda Inggris, Alan Shearer yang berhasil mencetak 7 gol selama Euro yang ia ikuti. Hanya ada nama Antoine Grizmann yang sudah berhasil mencetak 7 gol selama Euro yang ia ikuti, dan masih aktif bermain. Kemungkinan besar, jika Griezmann tetap tajam dalam 2 gelaran Euro selanjutnya, bisa-bisa rekor Ronaldo terlampaui.

Selain itu, dua gol ke gawang Prancis dini hari tadi, membuat Ronaldo kini sementara memimpin klasemen top skor Euro 2020 dengan 5 gol dan 1 asisst. Di bawah Ronaldo ada nama Patrik Schick, Emil Forsberg, Romero Lukaku, Georginio Wijnaldum, dan Robert Lewandowski dengan 3 gol. Dari 5 pemain di bawah Ronaldo, hanya Lewandowski yang tak akan bisa mengejar gelar top skor. Sebab Polandia sudah dipastikan tak lolos babak 16 besar Euro 2020.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *