35 Rumah Rusak, 33 Rumah Terendam Lumpur

  • Bagikan
TNI dan relawan Tim SAR membersihkan puing-puing rumah rusak akibat banjir bandang di Batu. (Foto: Ant)


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu mencatat sebanyak 35 rumah rusak akibat bencana banjir bandang. Selain itu, ada 33 rumah masih terendam lumpur.

“Untuk data terbaru, rumah rusak ada 35 unit, sementara 33 lainnya terendam lumpur,” kata Wakil Walikota Batu Punjul Santoso, Jawa Timur, Sabtu, 6 November 2021.

Punjul yang juga Ketua Tim Tanggap Darurat Banjir Bandang Kota Batu itu menjelaskan, bencana banjir bandang di enam wilayah di Kota Batu juga menyebabkan 89 keluarga terdampak. Namun, warga yang terdampak telah mengungsi di rumah keluarga, atau tetangga terdekat.

Selain kerusakan rumah, lanjutnya, banjir bandang juga menyebabkan 73 kendaraan roda dua dan tujuh kendaraan roda empat rusak. Kemudian, hewan ternak mati sebanyak 107 ekor, dan sepuluh kandang dilaporkan rusak. “Sampai dengan saat ini masih dilakukan penanganan dan evakuasi korban terdampak,” ujarnya.

Sementara itu, untuk percepatan penanganan, BNPB menetapkan status tanggap darurat banjir bandang selama 14 hari di Kota Batu.

“Periode tanggap darurat direncanakan selama 14 hari terhitung tanggal 4-17 November 2021,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan resmi, Sabtu, 6 November 2021.

Dia menambahkan, Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) juga segera disusun. Wakil Wali Kota Batu Punul Santoso ditunjuk untuk memimpin penanganan darurat bencana banjir bandang Kota Batu.

“Untuk meringankan beban para penyintas, bantuan berupa logistik dan peralatan telah didistribusikan dan terus berdatangan,” kata Abdul Muhari.

Dia menyebut, bantuan berasal dari BNPB, BPBD setempat, instansi terkait dan pengusaha yang terlibat dalam penanggulangan bencana di Kota Batu. Tim gabungan terus berupaya memberikan yang terbaik dalam penanganan bencana banjir bandang di Kota Batu.

Banjir bandang terjadi di wilayah Kota Batu, pada Kamis, 4 November 2021, pukul 14.00 WIB. Banjir bandang tersebut menyebabkan dampak yang cukup besar di sejumlah titik di Kota Batu.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *