4 Ton Telur Ayam dari Surabaya Ditolak di Pelabuhan Labuan Bajo – Manggarai Barat, Ini Penyebabnya

  • Bagikan

Labuan Bajo, SuaraKupang.com Sebanyak 4 ton telur ayam dari Surabaya yang tiba di Pelabuhan Pelni Labuan Bajo ditolak Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Ende Wilayah Kerja (Wilker) Labuan Labuan Bajo, Rabu 7 Juli 2021.

Telur ayam yang akan dipasarkan di Ruteng, Kabupaten Manggarai itu tidak memiliki Sertifikat Karantina Sanitasi Produk Hewan atau KH 12 dari Karantina Surabaya.

Sebanyak 4 ton telur ayam menggunakan KM Niki Mila Utama, produk hewan yang dibawa menggunakan truk tiba di pelabuhan Labuan Bajo pada pukul 11.00 Wita.

Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Ende Wilker Labuan Bajo dalam pengawasan, menemukan persoalan administrasi dan langsung membawa produk hewan tersebut ke kantor.

Lebih lanjut, sesampainya di kantor, dilakukan pengecekan secara mendalam produk telur ayam dan administrasi lainnya

“Ditemukan ada produk hewan yang tidak dilengkapi Sertifikat Karantina Sanitasi Produk Hewan atau KH 12 dari Karantina Surabaya,” kata Dokter Hewan Karantina Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Ende Wilker Labuan Bajo, drh. Endah Ismiati.

drh Endah menuturkan, setelah dijelaskan, pihak pengguna jasa mengungkapkan ingin melakukan penolakan produk dan mengembalikannya ke pihak pengirim di Surabaya.

“Saat kami melakukan pembicaraan, pemilik produk ingin melakukan penolakan langsung hari ini menggunakan kapal yang sama,” tandasnya.

drh Endah mengaku, pihaknya telah sering melakukan penolakan produk telur aya, karena tidak memiliki dokumen yang lengkap.

Tercatat, lanjut drh Endah, selama tahun 2021 ini, pihaknya telah melakukan penolakan sebanyak 20 ton. “Produk didatangkan dari Surabaya dan Bali,” katanya.

Sementara itu, pantauan media ribuan telur ayam disusun rapi dalam satu unit truk dan ditutup terpal. Selanjutnya, KM Niki Mila Utama bertolak dari Pelabuhan Labuan Bajo menuju Surabaya pada pukul 16.49 Wita..(poskupang).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *