443 Nakes Bondowoso Awali Vaksin Dosis Tiga Pakai Moderna

  • Bagikan
Dinas Kesehatan Bondowoso memulai penyuntikan vaksin Covid-19 dosis tiga Moderna kepada para nakes, Sabtu 7 Agustus 2021. (Foto: Guido Saphan/Ngopibareng.id)


Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso Jawa Timur tidak mengulur-ulur waktu melakukan vaksinasi dosis tiga kepada tenaga kesehatan (nakes). Sehari setelah menerima 230 vial atau 3.220 dosis vaksin Moderna dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Dinkes langsung memulai vaksinasi dosis tiga pada nakes menggunakan vaksin asal Amerika Serikat itu.

Sebanyak 443 nakes mengawali vaksinasi dosis tiga, Sabtu 7 Agustus 2021. Mereka disuntik vaksin Moderna secara serentak di puskesmas-puskesmas di Kota Tape –julukan Bondowoso-. ”Vaksinasi dosis tiga bagi nakes di Bondowoso mulai kita berikan. Kami memulai dengan memvaksinasi 443 nakes secara serentak di 11 puskemas,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bondowoso, dokter Mohmaad Imron.

Vaksinasi dosis tiga kepada nakes, itu tambah Imron, sebagai vaksin booster.  Artinya, untuk lebih meningkatkan daya tahan tubuh atau immunity nakes terhadap virus corona.

”Vaksin Moderna adalah jenis vaksin yang memiliki efektivitas 94 persen mampu menangkal virus corona yang menginfeksi tubuh. Semoga dengan vaksin dosis tiga, ini kekebalan nakes semakin meningkat dan tidak mudah terpapar dalam memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19,” terangnya.

Juru bicara Satgas Covid-19 Bondowoso itu menjelaskan, sekitar 3.682 nakes akan menerima vaksin dosis tiga Moderna. Mereka terdiri dari tenaga medis, perawat, bidan, dan tenaga pendukung kesehatan yang bertugas di rumah sakit, puskesmas, klinik, dan kantor Dinkes Bondowoso.

”Penyuntikan vaksin dosis tigfa Moderna dilakukan bertahap dalam Agustus ini. Sedangkan, nakes yang masih terpapar Covid-19, harus menunggu tiga bulan lagi,” jelasnya.

Sebanyak 443 nakes Bondowoso mengawali vaksinasi dosis tiga Moderna di 11 puskesmas. Yakni, Puskesmas Kota Kulon 42 nakes, Tamanan 70 nakes, Wonosari 52 nakes, Tenggarang 50 nakes, Sempol  28 nakes, dan Grujugan 45 nakes. Kemudian di Puskesmas Jambesari Darusollah 15 nakes, Sukosari 42 nakes, Botolinggo 28 nakes, Klabang 14 Nakes, dan Curahdami 47 nakes.

”Vaksinasi dosis tiga selanjutnya di puskesmas-puskesmas yang belum dan rumah sakit daerah,” punkas Imron.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *