5 Fakta Seragam Dinas Louis Vuitton DPRD Kota Tangerang

  • Bagikan
Anggota DPRD Kota Tangerang. (Foto: Istimewa)


Pengadaan baju dinas anggota DPRD Kota Tangerang viral. Bayangkan saja, baju-baju dinas anggota DPRD Tangerang akan menggunakan bahan baju merek-merek mewah, seperti Louis Vuitton, Lanificio Di Calvino, Theodoro hingga Thomas Crown.

Dikutip dari situs https://lpse.tangerangkota.go.id/, anggaran pengadaan bahan pakaian dinas DPRD Kota Tangerang mencapai Rp675 juta. Tak hanya itu, terdapat anggaran belanja ongkos jahit pakaian anggota dewan mencapai Rp600 juta.

Memang dalam situs tersebut tidak tampak keterangan merek pakaian dinas dengan harga ratusan juta tersebut. Namun baju dinas berbahan merek mewah itu dikonfirmasi langsung oleh Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan (Pokja ULP) Hadi Sudibjo. Bahan-bahan pakaian yang akan digunakan merupakan merek ternama seperti Louis Vuitton untuk pakaian dinas harian, Lanificio Di Calvino untuk pakaian sipil resmi, Theodore untuk pakaian sipil harian, dan Thomas Crown untuk pakaian sipil lengkap. Wow!

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo menyampaikan klarifikasi bahwa pihaknya tidak pernah menunjuk atau menyebut merek saat pengadaan baju dinas tersebut.

“Jadi langsung saya jawab, pertama kita tidak pernah unjuk merek, kita tidak pernah nyebut merek, proses merek itu lahir saya nggak tahu pasti, tapi analisis saya itu bisa saja saat proses lelang,” kata Gatot, Selasa 10 Agustus 2021.

Gatot pun mengaku bingung lantaran pengadaan baju dinas anggota DPRD Kota Tangerang ini baru ramai setelah pemenang tender sudah diumumkan. Dia juga mengaku heran lantaran seluruh DPRD kabupaten/kota hingga provinsi seluruh Indonesia juga melakukan pengadaan ini.

“Pokoknya pasca pengumuman itu baru ramai, bukan proses lelang, jadi sudah tampil ada pemenang itu baru ramai. Saat itu ada penawaran dari berbagai macam orang, biasa aja, nggak ada hiruk pikuk gini ,makanya saya bingung ada apa ya,” kata Gatot.

Berikut ini 5 fakta baju dinas Louis Vuitton anggota DPRD Tangerang senilai Rp675 Juta:

1. Anggaran Baju Dinas Naik Dua Kali Lipat

Dikutip dari situs https://lpse.tangerangkota.go.id/eproc4/lelang, anggota DPRD Kota Tangerang menyiapkan anggaran Rp 675 juta di tahun 2021 khusus pengadaan baju dinas. Anggaran ini ternyata meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Tercatat pada tahun 2020, anggaran baju dinas berjumlah Rp 312,5 juta.

Jumlah tersebut masih ditambah dengan ongkos menjahit, yang mencapai Rp600 juta. Sehingga total anggaran untuk pengadaan baju dinas Anggota DPRD Tangerang mencapai Rp 1,275 miliar.

2. Spesifikasi Baju Dinas Anggota DPRD Tangerang

Baju dinas Anggota DPRD Tangerang ini memiliki bahan premium dari merk fashion ternama dunia. Anggota DPRD Tangerang akan memakai baju dinas merek Louis Vuitton untuk dinas harian. Lalu merek Lanificio Di Calvino untuk baju dinas resmi. Tambahan baju dinas harian merek Theodoro dan baju dinas lengkap merek Thomas Crown.

3. Jatah Baju Mewah Bagi Setiap Anggota Dewan

Anggota DPRD Tangerang akan mendapatkan empat jenis pakaian yakni pakaian sipil lengkap (PSL), pakaian sipil resmi (PSR), pakaian sipil harian (PSH) masing-masing satu setel, pakaian dinas harian (PDH) dua setel. Baju dinas itu akan diberikan ke 50 Anggota DPRD Tangerang, sehingga total ada 250 bahan pakaian.

4. Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo Bingung

Gatot mengaku bingung lantaran pengadaan baju dinas anggota DPRD Kota Tangerang ini baru ramai setelah pemenang tender sudah diumumkan. Dia juga mengaku heran lantaran seluruh DPRD kabupaten/kota hingga provinsi seluruh Indonesia juga melakukan pengadaan ini, tapi daerahnya justru yang viral.

5. Pengadaan Baju Dinas Diikuti Empat Perusahaan

Berdasarkan situs https://lpse.tangerangkota.go.id/eproc4, terdapat empat peserta lelang yang memberikan penawaran harga untuk anggaran bahan baju dinas Anggota DPRD Kota Tangerang itu.Keempat peserta adalah PT Sarana Karya Syaban senilai Rp 238.425.000, CV Putra Jaya Karta senilai Rp 540.000.000, CV Adhi Prima Sentosa senilai Rp 675.000.000, dan CV Zulfa Bintang Pratama senilai 671.250.000.Akhirnya, lelang pengadaan baju dinas itu dimenangkan oleh CV Adhi Prima Sentosa. Hasil pemenang itu telah ditentukan pada 21 Juli 2021 lalu.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *