5 Manfaat Puasa Senin-Kamis, Lengkap dengan Bacaan Niatnya

Ilustrasi umat muslim beribadah. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

[ad_1]

Puasa Senin-Kamis atau disebut puasa sunnah, yang biasa dilakukan oleh umat muslim di dunia. Puasa ini memiliki manfaat serta keistimewaan yang luar biasa. Puasa dilakukan selama dua kali dalam seminggu pada hari Senin dan Kamis.

Menjalankan puasa Senin-Kamis harus didasarkan dengan niat untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang Allah SWT, Ibadah sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Berikut bacaan niat puasa Senin Kamis :

Niat puasa hari Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala

(Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala)

Niat puasa hari Kamis

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta’ala

(Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala)

Manfaat Puasa Senin-Kamis

1. Dibukanya Pintu Surga

Pintu surga dikatakan dibuka pada hari Senin dan Kamis, Pada hari inilah dosa setiap orang akan diampuni, kecuali doa orang mukmin yang bermusuhan. Dari Abu Harrairah Radiallahu anhu, Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda:

“Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim).

2. Melatih Kesabaran dan Kedisiplinan

Menjalankan puasa Senin-Kamis juga dapat melatih kesabaran pada diri kita, Berpuasa dapat menahan hawa nafsu, seperti marah, tidak jujur, berbuat fitnah, mengadu domba. Mengendalikan hawa nafsu akan melahirkan manusia yang berakhlak mulia. Serta berpuasa juga dapat Mendisiplinkan diri, dari makan, minum, dan hubungan seksual yang dilarang oleh Allah SWT.

3. Terhindar dari Godaan Setan

Dengan melakukan ibadah puasa Senin-Kamis, jalan setan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat. Sehingga dapat meminimalkan pengaruh setan seperti berbuat kemaksiatan atau melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

4. Meningkatkan Amalan

Berpuasa Senin-Kamis, Dapat mendorong untuk lebih meningkatkan ibadah dan beberapa amalan lainnya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

5. Menjaga Kesehatan Tubuh

Ibadah sunnah satu ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, manfaat yang bisa diambil dari berpuasa senin kamis dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan berpuasa Senin-Kamis tubuh kita berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman dalam sehari, sehingga racun dapat dikeluarkan secara efektif.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.