6 Hal Penting Selamat dari Covid-19, Pesan KH Afifuddin Muhajir

  • Bagikan
Kiai Afifuddin Muhajir dari Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo (kanan) bersama ulama dunia. (Foto: Istimewa)


KH Afifuddin Muhajir, seorang di antara ahli hukum Islam dari Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo. Pada awal tahun 2021, Kiai Afifuddin yang duduk di jajaran Syuriah PBNU, mendapat anugerah gelar kehormatan doktor honoris causa dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Penganugerahan kepada DR Drs. K.H Afifuddin M, uhajir, M.Ag ketika itu, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pemberian gelar doktor honoris causa kepada Kiai kharismatik kelahiran Sampang Madura ini dilakukan atas jasa besar yang telah dilakukan kiai Afif dalam mengembangkan keilmuan di bidang Fiqh dan Ushul Fiqh.

Sebagaimana sikap ulama pesantren dan para kiai, dalam situasi pandemi Covid-19 umat Islam dan masyarakat luas diimbau untuk tetap menaati protokol kesehatan: bermasker, sering mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dst.

Dalam situasi pandemi yang makin mengganas, Kiai Afifuddin Muhajir tak bosan menyampaikan pesan-pesan agar umat Islam bisa selamat dari ancaman virus Corona. Selain, tentu saja, berikhtiar rohani dengan berdoa dan selalu berdzikir dan bershalawat.

Enam Pesan Penting

Kiai Afifuddin Muhajir menyampaikan pesan Rekomendasi dari Psikolog.

1. Pisahkan diri Anda dari berita tentang virus Covid-19, tidak usah mencari tahu lagi, karena semua sudah kita tahu.

2.Jangan mencari informasi tambahan di internet, itu akan melemahkan mental Anda.

3.Hindari mengirim pesan fatalistik lewat WhatsApp, facebook, messenger, instagram dll (media sosial) karena kondisi mental teman Anda tidak sama dengan Anda, itu bisa membuat mereka depresi.

4.Dengarkan musik dengan volume yang menyenangkan.

5.Suasana hati positif menambah kekebalan tubuh.

6.Dan yang paling penting kita harus percaya bahwa semua ini akan ada kesudahannya. Karena Allah Maha Pengasih dan Penyayang.

Semoga bermanfaat.

Soal Gelar DR (HC) Kiai Afifuddin Muhajir

Melalui serangkaian proses kajian akademik yang dilakukan oleh tim Pakar di UIN Walisongo Semarang, Kiai Afif dipandang layak mendapatkan gelar kehormatan atas gagasan dan kiprah ilmiahnya dalam menyajikan fiqh dan ushul fiqh terkait berbagai macam persoalan bangsa. Melalui proses sidang terbuka di Aula II Kampus III UIN Walisongo Semarang, Ngaliyan, Semarang, Rabu 20 Januari 2021.

Kiai Afif menjadi tokoh ke-3 yang menerima gelar honoris causa dari UIN Walisongo Semarang. Sebelumnya UIN Walisongo Semarang telah memberi gelar serupa kepada Dahlan Iskan dan KH Husein Muhammad.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *