7 Arena PON Papua Diresmikan Presiden Jokowi, Masuk Rekor MURI

  • Bagikan
Venue PON XX Papua. (Foto: Dok. PUPR)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tujuh arena pertandingan untuk PON XX Papua, Sabtu 2 Oktober 2021. Turut hadir dalam peresmian tersebut Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Venue-venue megah itu dibangun berstandar internasional. Ketujuh arena yang diresmikan lewat penandatanganan prasasti itu adalah Istora Papua Bangkit, Arena Akuatik, Arena Panahan, Arena Kriket, Arena Hoki, Arena Sepatu Roda, dan Arena Dayung.

Berikut ini 7 sarana olahraga di Papua:

1. Istora Papua Bangkit

Istora Papua Bangkit dibangun pada November 2018 dan rampung pada September 2020. Bangunan seluas 7.740 meter persegi ini memiliki kapasitas 3.148 kursi. Istora Papua Bangkit terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Istora memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti rumah adat honai dengan atap yang melengkung. Lokasi ini multifungsi. Selain dapat digunakan sebagai 8 lapangan bulutangkis, juga bisa disulap menjadi 6 lapangan bola voli indoor. Bahkan istora ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan senam dan konser musik.

3 Rekor MURI

Tepat pada HUT RI ke-75, struktur bangunan Istora Papua Bangkit meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori sekaligus. Kategori pertama adalah untuk struktur atap baja lengkung bentang terpanjang dengan dimensi 90 meter.

Kategori kedua, atap tanpa sambungan dan baut mengerucut terluas berbentuk dome seluas 7300 meter persegi. Sedangkan kategori ketiga adalah instalasi terpanjang dan diameter terbesar textile duct dengan dimensi ring internal 477 meter, diameter cincin luar sepanjang 70 meter dan diameter cincin dalam sepanjang 56 meter.

2. Arena Aquatic

Arena olahraga air ini memiliki luas bangunan 17.783 meter persegi dan berkapasitas 1.500 kursi. Arena akuatik ini telah mendapat sertifikasi dari FINA dan terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Arena panahan PON XX Papua. (Foto: Istimewa)
Arena panahan PON XX Papua. (Foto: Istimewa)

3. Arena Panahan

Arena panahan mulai dibangun pada Februari 2020 dan rampung pada Juli 2021. Arena panahan ini memiliki luas 33.600 meter persegi dengan luas arena kompetisi 10.000 meter persegi, dan terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Arena kriket dan hoki. (Foto: PUPR)
Arena kriket dan hoki. (Foto: PUPR)

4. Arena Kriket

Arena kriket dibangun mulai Desember 2018 dan selesai pada Agustus 2020. Arena ini memiliki luas 2.669 meter persegi dengan kapasitas 1.657 penonton, dan terletak di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

5. Arena Hoki

Arena hoki dibangun mulai Desember 2018 hingga Agustus 2020. Arena hoki dalam ruangan ini memiliki luas 7.425 meter dengan kapasitas 1.900 penonton dan arena luar ruangan memiliki luas 2.128 meter persegi dan berkapasitas 1.250 penonton.

6. Arena Sepatu Roda

Arena sepatu roda dibangun mulai Februari 2020 dan selesai pada Juli 2021. Arena ini memiliki luas kawasan 19.800 meter persegi dengan luas arena kompetisi 5.320 meter persegi dan telah mendapat sertifikasi FOP World Skate Standard.

Venue dayung PON XX Papua. (Foto: Istimewa)
Venue dayung PON XX Papua. (Foto: Istimewa)

7. Arena Dayung

Arena dayung memiliki luas kawasan reklamasi 19.771 meter persegi dengan luas lintasan 1.7 hektar. Arena ini dibangun mulai dari Februari 2020 dan selesai pada Agustus 2021, di Teluk Youtefa, Kota Jayapura.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *