9 Kali Gempa Susulan di Nias Barat hingga Guncang Mentawai

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,7 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat 14 Mei 2021. (Grafis: Twitter BMKG)

[ad_1]

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,7 mengguncang Nias Barat, Sumatera Utara, Jumat 14 Mei 2021. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah terjadi gempa susulan di Nias Barat dengan rentang magnitudo 3,3 hingga 5,3.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawita dalam konferensi virtual mengatakan, hingga pukul 16.00 WIB, tercatat adanya gempa susulan sebanyak 9 kali dengan rentang magnitudo 3,3 hingga 5,3. Dia memprediksi gempa susulan masih akan terjadi. Kendati begitu, BMKG meminta masyarakat tetap tenang dan menghindari bangunan yang telah rusak.

“Kami mengimbau masyarakat tetap tenang (dan) tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” kata Dwikorita.

Gempa Nias Barat Guncang Kota Lain

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), salah satu wilayah yang merasakan akibat gempa Nias Barat adalah Kabupaten Kepulauan Mentarai, Sumatera Barat.

Laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Mentawai menyebutkan, guncangan gempa dirasakan selama 2-3 detik oleh warga Desa Tuapaja, Kecamatan Sipora Utara. Sedangkan di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, warga merasakan guncangan gempa selama 4-5 detik.

BPBD setempat mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap potensi gempa susulan. Berdasarkan analisis peta guncangan yang diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI), BMKG menyebut kekuatan guncangan yang dirasakan di beberapa wilayah, berbeda-beda. Guncangan dengan skala MMI III- IV di Gunung Sitoli, Nias, Nias Barat, dan Nias Selatan, MMI III di Banda Aceh, MMI II di Aceh Tengah dan AekGodang.

Sebelumnya, gempa bumi tektonik magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera pada hari ini pukul 13.33.09 WIB. Gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.