Absen Fit and Proper Tes Andika, Dulu Panglima TNI Diantar Gatot

  • Bagikan
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tak mendampingi KSAD Andika Perkasa fit and proper test di Gedung DPR, Kompleks Senayan, Jakarta, Sabtu 6 November 2021. (Foto: Istimewa)


Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tak mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa, saat fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) di Gedung DPR Komisi 1, Sabtu 6 November 2021 pagi.

Hadi Tjahjanto sedang melakukan kunjungan kerja di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mereka meninjau vaksinasi massal di objek wisata dan memberi pengarahan untuk persiapan pengamanan momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kondisi ini berbeda ketika mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo turut mengantar Hadi Tjahjanto menjalani fit and proper test. Saat itu, Hadi Tjahjanto masih menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU). Selain Gatot Nurmantyo, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi juga turut mengantar ke Gedung DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada 6 Desember 2017 silam.

Padahal saat itu, Mulyono dan Ade Supandi merupakan senior Hadi Tjahjanto. Menanggapi “tradisi” itu, Hadi Tjahjanto menjelaskan tak ada tradisi Panglima TNI mengantar calon penggantinya saat fit and proper test ke DPR.

“Saya pikir tidak ada tradisi semacam itu. Hal tersebut baru dilakukan oleh Pak Gatot yang waktu itu mengantarkan saya dan sifatnya kondisional,” jelasnya kepada awak media.

“Kondisional yang dimaksud adalah dalam artian jika tidak ada tugas khusus lainnya. Kebetulan kali ini bertepatan saya ada kegiatan bersama Kapolri ke Labuan Bajo untuk percepatan vaksinasi di objek wisata dan persiapan Nataru,” terang Hadi Tjahjanto.

Hadi Tjahjanto Kirim Pesan WA ke Andika Perkasa

Meski tak bertemu secara fisik, Hadi Tjahjanto mengatakan mengirimkan pesan singkat via WhatsApp (WA) kepada Andika Perkasa. Pesan itu dikirim Hadi Tjahjanto sebelum Andika Perkasa menjalani fit and proper test sebagai calon Panglima TNI.

“Sebelumnya, saya sudah WA ke Pak Andika, isinya tiga poin,” ungkap dia.

Hadi Tjahjanto kemudian menjelaskan tiga hal yang dia sampaikan kepada Andika Perkasa. Pertama, ucapan selamat atas penunjukan Andika Perkasa sebagai calon penggantinya.

“Saya mengucapkan selamat atas penunjukan KSAD sebagai calon Panglima oleh Bapak Presiden,” ujar Hadi Tjahjanto.

Kedua, dia menyampaikan dirinya mendoakan proses fit and proper test Andika Perkasa. Harapannya agar agenda tersebut berjalan lancar. “Saya mendoakan semoga pelaksanaan fit and proper test dapat terlaksana dengan lancar, tanpa hambatan,” ucapnya.

Terakhir, Hadi Tjahjanto berharap Andika Perkasa dapat segera dilantik sebagai Panglima TNI. “(Harapan) KSAD dapat segera dilantik sebagai Panglima TNI yang baru,” tutup dia.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *