Anak Trauma Mata, Ini Pertolongan Pertama yang Dilakukan Orangtua

  • Bagikan
Ilustrasi mata merah pada anak. (Foto: Istimewa)


Trauma mata bisa menimpa siapa saja, termasuk anak-anak. Trauma mata adalah cedera yang mengenai bola mata atau jaringan sekitar mata, kondisi ini memang memiliki efek dari ringan hingga berat.

Bila dalam usia pertumbuhan anak-anak mengalami trauma mata, dokter IGD RS Mata Undaan Surabaya, dr Faiz Nurboston Fauzi menjelaskan, beberapa langkah yang bisa dilakukan orang tua sebagai pertolongan pertama.

“Untuk penanganan trauma mata harus menyesuaikan penyebab trauma mata tersebut,” ujarnya dalam Podcast Beri Tanda RS Mata Undaan Surabaya.

Seperti trauma mata akibat benda tajam atau benda tumpul, ujar dr Faiz penanganan pertamannya kurangi manipulasi atau jangan ditekan-tekan pada bagian mata yang cedera.

“Lalu tutup luka agar tidak mengalami infeksi, setelah ini langsung bawa ke RS terdekat untuk mendapatkan penanganan sesuai dengan penyebabnya,” imbuhnya.

Jika trauma mata yang dialami karena petasan, abu rokok atau bahan kimia lainnya. Penanganan pertama yang bisa dilakukan orang tua adalah dialirkan air mengalir pada mata. Bila selama 15 menit masih terasa ada yang menganjal dimata disarankan untuk segera dibawa ke rumah sakit.

Selain penanganan pertama, dokter Faiz mengingatkan pada orangtua agar tidak memberikan obat tanpa resep dokter. “Jangan beri obat yang tidak sesuai resep dokter, biasanya obat yang beli sendiri tidak sesuai dengan kasus trauma mata yang dialami,” tandasnya.

RS Mata Undaan

Rumah Sakit Mata Undaan adalah penyelenggara pelayanan  kesehatan yang secara khusus melayani penderita penyakit mata. Rumah Sakit ini berdiri tahun 1933 dengan nama Soerabaiache Oogheelkundige Kliniek. Kini, Rumah Sakit Mata Undaan pun telah menjadi Rumah Sakit Khusus menangani penyakit mata dan telah menjadi ikon kota Surabaya.

Berlokasi di jantung kota Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan adalah sebuah Rumah Sakit Khusus Kelas B yang memiliki 4 layanan unggulan. Pelayanan tersebut meliputi Lasik, Vitreo Retina, Glaukoma, dan Katarak.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *