Andri Ibo Berbagi Tips Sembuh dari Covid-19

  • Bagikan
Andri Ibo, kapten Persik Kediri saat bertemu para awak media di mess klub. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)


Terpapar virus corona, mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu yang sangat mengerikan. Hal ini juga dirasakan oleh kapten tim sepak bola Persik Kediri, Andri Ibo. Ia sempat dinyatakan terpapar Covid-19, pada 31 Agustus 2020.

Andri Ibo menceritakan, dirinya positif Covid-19 pasca melakukan perjalanan dari Sentani Jayapura, tempat kelahirannya menuju Kediri. Tujuannya, untuk kembali berlatih bersama skuad Macan Putih. Lantas, usai hasil test dinyatakan positif pemain berusia 31 tahun menjalani isolasi ke Rumah Sakit Kilisuci Kota Kediri.

“Saat dirawat, ya itu kurang lebih 7 hari lamanya di ruang isolasi,” kenang mantan pemain Barito Putra dan Persipura tersebut. Ia merupakan orang tanpa gejala atau OTG.

Agar kondisinya segera dinyatakan sembuh, Andri Ibo berupaya membangkitkan semangat di dalam diri. “Tips utama yang saya lakukan saat diisolasi itu, coba berpikir positif dan terus semangat. Ini kuncinya, dan wajib dijalani tiap saat,” katanya.

Tak hanya itu, Andri Ibo mengatakan, ketika proses isolasi inilah, ada satu hal yang sering dilakukan. Kebiasaan itu, yakni rajin membaca buku. “Saya saat isolasi, makin rajin baca buku. Ya ini saya lakukan rutin, untuk mengusir kejenuhan. Jadi bisa menambah banyak wawasan dan tetap berpikir positif,” katanya.

Selain itu, tindakan lain Andri Ibo saat mengalami isolasi Covid-19, yaitu terus berdoa dan menyempatkan waktu untuk berolahraga.

“Ya walaupun hanya sebentar, olahraga menjadi hal yang penting dilakukan. Selain membuat pikiran senang, tapi badan kita juga bugar dan makin sehat. Yang terpenting kita jaga hati dan pikiran agar tetap selalu positif. Kalau pikiran kita selalu mengarah kepada hal-hal yang tidak baik atau negatif, ya imun kita pasti turun itu. Tak lupa, kita juga wajib disiplin Prokes 5M,” kata ayah tiga anak ini.

Sebagai informasi, 5M ialah memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun lalu bilas dengan air bersih, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *