Artis Rusia Kembali ke Bumi Setelah Shoting Film di Luar Angkasa

  • Bagikan
Aktris Rusia, Yulia Peresild, usia keluar dari kapsul ruang angkasa Soyuz MS-18  yang mendarat hari Minggu kemarin. Di stasiun luar angkasa dia menjalani peran sebagai ahli bedah yang mengoperasi seorang  kosmonot. (Foto:Reuters/Al Jazeera)


Kapsul ruang angkasa Soyuz yang membawa kosmonot dan dua pembuat film Rusia, hari Minggu kemarin telah mendarat setelah tiga setengah jam perjalanan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Kapsul  turun di bawah parasut bergaris merah dan putih setelah memasuki atmosfer Bumi, mendarat tegak di stepa Kazakhstan sesuai jadwal pada 04:35 GMT pada hari Minggu dengan Oleg Novitskiy, Yulia Peresild dan Klim Shipenko di dalamnya.

Yulia Peresild, aktris,  dan sutradara film Klim Shipenko, ikut  ke stasiun luar angkasa pada 5 Oktober untuk tugas 12 hari yaitu memfilmkan segmen film berjudul Challenge. Dikisahkan dalam film ini, seorang ahli bedah yang diperankan oleh Yulia Peresild bergegas ke stasiun luar angkasa untuk menyelamatkan anggota kru yang membutuhkan bantuan darurat. Dia melakukan operasi di orbit.

Oleg Novitskiy, yang menghabiskan lebih dari enam bulan di stasiun luar angkasa, berperan sebagai kosmonot yang sakit dalam film tersebut.

Setelah pendaratan hari Minggu kemarin, kru di darat segera mengeluarkan tiga selebaran ruang angkasa dari kapsul, dan menempatkannya di kursi yang disiapkan di dekatnya saat mereka menyesuaikan diri dengan tarikan gravitasi. Mereka kemudian dibawa ke tenda medis untuk diperiksa. Semua tampak sehat dan ceria.

Sutradara film Rusia Klim Shipenko, dibantu oleh personel darat  setelah keluar dari kapsul ruang angkasa Soyuz MS-18  yang mendarat hari Minggu kemarin. Di stasiun ruang angkasa Shipenko  menjadi sutradara untuk film berjudul ‘Challenge’. (Foto:Reuters/Al Jazeera)

Menurut NASA, ketiganya diperkirakan akan kembali dengan helikopter Rusia ke kota pementasan di Karaganda, Kazakhstan, sebelum menaiki pesawat Pusat Pelatihan Kosmonot Gagarin untuk kembali ke pangkalan pelatihan mereka di Star City, Rusia.

Klim Peresild tersenyum dan memegang buket bunga warna putih saat wartawan berkerumun di sekelilingnya. Tapi dia bilang dia juga merasakan sentuhan melankolis. “Saya merasa agak sedih hari ini. Tampaknya 12 hari cukup lama, tetapi saya tidak ingin pergi ketika semuanya selesai, ”kata Peresild di TV pemerintah, seperti dikutip Al Jazeera..

Pemindahan ke tenda medis tertunda sekitar 10 menit sementara kru merekam beberapa pengambilan Peresild dan Novitskiy di kursi mereka, yang akan dimasukkan dalam film.

Masih ada lebih banyak adegan yang akan diambil di Bumi untuk film tersebut, yang belum diketahui kapan film ini akan dirilis.

Saat ini, tujuh astronot tetap berada di stasiun luar angkasa: Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov (dari Rusia). Mark Vande Hei, Shane Kimbrough dan Megan McArthur (AS), Thomas Pesquet (Badan Antariksa Eropa) dan Aki Hoshide dari Jepang. (*).

 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *