Asman Toga, Solusi Sehat Sebelum Obat

(Foto : Humas - KominfoLumajang)

[ad_1]

Asuh Mandiri Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) menjadi solusi aman dan sehat sebelum obat. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati saat menerima Tim Verifikasi Lapangan Asman Toga dan Akupresur dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang, Selasa 22 Juni 2021.

“Pemerintah Kabupaten Lumajang terus menyupport adanya Asman Toga ini, karena obat-obatan kimia juga memiliki dampak, meskipun di sisi yang lain banyak hal bisa diatasi dengan kimia, tetapi dengan tanaman herbal meskipun membutuhkan waktu yang lama tetapi aman bagi tubuh kita,” ujar Wabup.

Setelah diterima di Ruang Mahameru, rombongan Tim Verlap Asman Toga melakukan penilaian di beberapa titik, diantaranya Panti PKK Kabupaten Lumajang, Kantor Kec. Randuagung, Puskesmas Tunjung dan Asman Toga Gemas Mawar Desa Ranulogong didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq.

Tim Verifikasi di Lapang

Sementara itu, Tim Verifikasi Lapang Asman Toga dan Akupresur Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, Elmi Mufidah menjelaskan bahwa Asman Toga merupakan program dari Kementerian Kesehatan dan mulai dilakukan di Jawa Timur pada 2017. Lumajang menjadi salah satu kabupaten yang dinilai bersama Kab. Jombang dan Lamongan.

Elmi menerangkan bahwa pemanfaatan tanaman obat keluarga pada saat pandemi Covid-19 sangat berguna bagi masyarakat. “Di pandemi ini dirasakan manfaatnya, bahkan harga jahe itu naiknya berkali lipat, itu artinya masyarakat sudah mulai memanfaatkan tanaman toga,” ujarnya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.