Astronom Berhasil Memotret Sabuk Debu Dekat Planet Asing yang Mirip ‘Mata Sauron’

[ad_1]

Para astronom berhasil mencitrakan piringan pembentuk bulan yang mengelilingi planet di luar tata surya. Piringan itu mirip ‘Mata Sauron’ dari Lord of the Rings.

Piringan tersebut mengelilingi exoplanet PDS 70c yang mengorbit bintang berjarak 400 tahun cahaya dari planet tetangga, PDS 70b. National Radio Astronomy Observatory mendefinisikannya sebagai “piringan circumplanetary”, sabuk debu dan gas yang diteorikan mengelilingi planet untuk menciptakan planet dan bulan melalui tabrakan. Cakram tersebut juga mengendalikan pertumbuhannya dengan mengatur partikel dan materi yang melewatinya.

Bukti piringan pertama kali ditemukan pada 2019, tapi ilmuwan baru bisa mengonfirmasi keberadaannya berkat bantuan Atacama Large Millimetre/submillimetre Array (ALMA). Temuan baru ini diterbitkan Kamis dalam The Astrophysical Journal Letters.

“PDS 70b dan PDS 70c, yang membentuk sistem seperti pasangan Jupiter-Saturnus, adalah dua exoplanet yang sejauh ini terdeteksi masih dalam proses pembentukan,” tulis peneliti Miriam Keppler dari Institut Astronomi Max Planck di Jerman.

Namun, menurut siaran pers, piringan circumplanetary yang mengelilingi PDS 70c 500 kali lipat lebih besar dari cincin Saturnus.

Ilmuwan menyimpulkan, piringannya memiliki diameter yang sama dengan jarak Matahari ke Bumi. Sementara itu, massa-nya mampu membentuk hingga tiga satelit hampir seukuran Bulan. Mereka juga menemukan PDS 70b tidak memiliki cakram karena debunya disedot PDS 70c.

Ilmuwan tertarik menggunakan Extremely Large Telescope Euro Observatorium Selatan Eropa, yang sedang dibangun di Chili, untuk mengamati sistem planet lebih lanjut. Walaupun pembentukan bulan belum diketahui, para astronom dalam penelitian ini mencatat bisa menjadi kesempatan unik untuk mengamati pembentukan planet dan bulan di sistem bintang muda untuk pertama kalinya.

[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.