Tips, Viral  

Awas, Ganti Pentil Membuat Wheelset Enve ‘Meledak’

Wheelset Enve yang meledak di bagian samping akibat diganti pentil non Enve. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Ada yang perlu diperhatikan ketika merakit wheelset Enve. Merakit dalam arti memasang ban ke wheelset produk Amerika Serikat ini. Untuk semua tipe Enve. Mulai dari Foundation (FDN), SES, serta AG dan G (gravel wheelset).

Wheelset ini sudah menggunakan teknologi tubeless. Tanpa ban dalam lagi. Jadi sudah seperti ban mobil atau motor saat ini. Kunci utama ada di pentil wheelset.

Karena kunci utama ada di pentil, maka jangan sekali-kali mengganti pentilnya dengan merek lain selain Enve. Karena di pentil Enve itu memiliki pressure relief valve stem nut. Jadi ada jalur safety-nya.

Pentil Enve. (Foto: Istimewa)
Pentil Enve. (Foto: Istimewa)
Cara kerja pengaman di pentil Enve, pressure relief valve stem nut.
Cara kerja pengaman di pentil Enve, pressure relief valve stem nut.

Safety itu akan bekerja apabila rim tape rusak (terkoyak atau sobek). Rim tape ini bertugas menghalangi angin bocor dari dalam ban. Bila rim tape ini gagal berfungsi, maka angin dalam ban akan menerobos masuk ke dalam badan wheelset melalui rim tape yang bocor ini.

Ketika angin masuk ke dalam wheelset, maka angin itu akan berhembus keluar melalui pentil. Karena memang pentil ini ada fitur safety-nya.

Yang bahaya, adalah ketika perakitan pemasangan ban ke wheelset dan ternyata ada rim tape yang terkoyak atau rusak. Ditambah lagi pentil sudah diganti dengan non-Enve yang mana tertutup penuh bahkan ber-sil karet.

Pastikan rim tape terpasang sempurna sebelum memasang ban. (Foto: Istimewa)
Pastikan rim tape terpasang sempurna sebelum memasang ban. (Foto: Istimewa)

Yang terjadi adalah, mekanik memompa ban itu hingga tekanan tinggi, dan angin menerobos masuk melalui rim tape yang terkoyak, tetapi angin tidak ada “jalan” keluar melalui pentil. Sehingga badan wheelset atau bagian samping akan “meledak” jebol karena terdorong angin bertekanan tinggi yang tidak bisa keluar melalui pentil.

Mencegah hal ini terjadi, setiap mekanik harus memeriksa dengan seksama apakah rim tape masih aman, bagus, tidak terkoyak sama sekali. Apabila ditemukan rim tape terkoyak, harus langsung diganti dengan rim tape baru. Dan harus merek Enve.

Sebelum pemasangan rim tape baru, dipastikan wheelset telah bersih dari sisa lem. Gunakan alkohol untuk memastikan hal ini.

Yang harus dilakukan sebelum memasang ban di wheelset Enve:

1.      Pastikan rim tape bagus (tidak terkoyak, tidak sobek, tidak rusak)

2.      Pastikan pentil terpasang milik Enve, termasuk juga mur pemegangnya.

3.      Pastikan pentil duduk dengan baik dan mur tidak perlu dikerasi menggunakan tang. Cukup dikerasi dengan tangan.

4.      Pasang ban yang memang sesuai spek wheelset Enve.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.