Badai Tropis Shaheen Menguat, Warga Omam Didesak Mengungsi

  • Bagikan
Gelombang tinggi pecah di kawasan pejalan kaki tepi laut di ibukota Oman, Muscat pada 2 Oktober 2021, saat badai tropis Shaheen menghantam negara itu. (Foto: AFP)


Komite Nasional Oman untuk Manajemen Darurat menyarankan evakuasi warga di negara bagian utara Barka dan Saham dan daerah pesisir termasuk sebagian Muscat.

Pihak berwenang di Oman mendesak ribuan penduduk di daerah pesisir untuk meninggalkan rumah mereka dan menuju ke tempat penampungan darurat pada hari Sabtu 2 Oktober 2021. Kini, negara Teluk itu bersiap menghadapi badai tropis Shaheen yang meningkat menjadi siklon tropis kategori 1.

Komite Nasional Oman untuk Manajemen Darurat, dilansir Arabnews.com, menyerukan evakuasi di negara bagian utara Barka dan Saham dan daerah pesisir termasuk bagian dari ibukota, Muscat, di mana Shaheen diperkirakan akan menyerang pada hari Ahad, membawa angin kencang dan hujan lebat.

Sebagian besar dari lima juta penduduk negara pengekspor minyak itu tinggal di dan sekitar Muscat.

Otoritas Penerbangan Sipil Oman mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya memperkirakan Shaheen akan menguat menjadi topan tropis kategori 1 dalam 24 jam ke depan, memperkirakan gelombang laut yang ganas dan mendesak penduduk untuk menjauh dari daerah dataran rendah jika terjadi banjir bandang.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *