Bahaya Konsumsi Mie Instan Mentah

  • Bagikan
Ilustrasi mie instan mentah dibuat camilan. (Foto: Istimewa)


Makan mie instan tidak terlalu baik bagi tubuh, terlebih jika sering mengonsumsinya. Memang mie instan cukup lezat untuk disantap apalagi semakin banyak pula inovasi untuk megonsumsinya. Namun tak sedikit orang gemar mengonsumsi mie instan mentah, tanpa melalui proses dimasak terlebih dahulu langsung dicampur bumbu kering dan cabai. Anak-anak hingga orang dewasa menyukai rasanya yang begitu lezat.

Mie instan yang mengandung bahan-bahan tambahan seperti penguat rasa, MSG atau penyedap rasa, serta pewarna makanan ini sebenarnya masih hal yang wajar untuk dikonsumsi, meskipun dalam batas wajar. Namun, selain bahan-bahan tersebut, tentu mie instan juga mengandung bahan pengawet.

Kandungan bahan tambahan tersebut, tentu sudah dijelaskan dalam kemasan. Jadi, konsumsi yang cukup baik ialah dengan memasaknya terlebih dahulu. Meski lagi-lagi tidak untuk konsumsi yang berlebih, apalagi jika dikonsumsi mentah, hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Berikut beberapa bahaya mengonsumsi mie instan mentah.

1. Gangguan tenggorokan

Bahan-bahan yang terkandung dalam mie instan, bumbu serta mie yang dimakan secara mentah tentu akan membuatnya melekat pada saluran tenggorokan. Hal ini kemudian yang dapat menyebabkan gatal dan batuk.

2. Otak terganggu

Banyak orang meyakini bahwa mengonsumsi mie instan terlebih dalam keadaan mentah, dapat mengganggu kerja saraf pada otak. Biasanya hal ini dianggap berkaitan dengan kecerdasan dan daya ingat menurun. Hal ini yang membuat kebanyakan orangtua menghindari konsumsi mie instan berlebih pada anak.

3. Kanker

Bahan pengawet pada makanan yang tidak larut pada saat proses perebusan, dipercaya akan lebih berpotensi terkena kanker, seperti kanker otak, tulang, maupun hati.

4. Diabetes

Karena mengandung banyak kalori, mengonsumsi mie instan dapat membuat kadar gula darah naik. Apalagi jika kondisi mie yang masih mentah.

5. Darah Tinggi

Mengonsumsi mie instan mentah juga dapat menimbulkan tekanan darah tinggi karena tidak hanya kandungan garamnya, namun juga adanya kandungan lemak serta minyak yang dapat menghalangi aliran darah.

6. Usus Terluka

Makan mi instan mentah yang teksturnya keras dan memiliki kandungan bahan pengawet dan garam yang tinggi dapat menyebabkan luka pada dinding usus. Terlalu sering mengonsumsi mi instan mentah ini dalam jangka panjang akan membuat usus teriritasi dan membuat kinerjanya menurun.

7. Kolesterol Tinggi

Jika Anda makan mi instan, baik itu yang sudah diseduh atau yang berada dalam kondisi mentah hingga tiga mangkuk atau lebih dalam sehari, maka risiko untuk terkena masalah kolesterol tinggi dan stroke akan meningkat dengan signifikan. Jadi, jangang terlalu berlebihan dalam mengonsumsi mi instan, baik itu yang sudah diseduh maupun yang mentah.

8. Obesitas

Makan mi instan mentah juga dapat menyebabkan berat badan naik. Hal ini karena kandungan kalori yang berlebihan pada mi instan akan berimbas pada penumpukan lemak di dalam tubuh Anda. Terlalu sering mengonsumsi mi instan mentah akhirnya akan menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Apalagi jika Anda memiliki kebiasaan makan mi instan mentah pada malam hari, risiko kamu mengalami kegemukan dengan cepat akan semakin tinggi.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *