Balita Australia Ditemukan Setelah 18 Hari Hilang di Hutan

  • Bagikan
Balita Cleo Smith, 4 tahun, hilang dari perkemahan pedalaman Australia selama 18 hari, dan akhirnya berhasil ditemukan. (Foto: Western Australia Police Force/ Reuters/Al Jazeera)


Seorang anak perempuan Australia berusia 4 tahun yang diculik dari tenda kemah keluarganya 18 hari yang lalu, telah ditemukan dalam keadaan hidup dan sehat.

Polisi di Australia Barat mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka menemukan Cleo Smith, nama balita itu sendirian di sebuah rumah terkunci di kota pesisir Carnarvon, tidak jauh dari tempat dia menghilang.

Seorang pria lokal berusia 36 tahun yang tidak memiliki hubungan dengan keluarga itu telah ditahan.

Cleo Smith bertemu kembali dengan ibunya, Ellie Smith dan ayah tiri Jake Gliddon segera setelah dia diselamatkan.

“Keluarga kami utuh kembali,” kata sang ibu di media sosial.

Kol Blanch, wakil komisaris polisi, mengatakan Cleo Smith masih hidup dan sehat.”Salah satu petugas mengangkatnya ke dalam pelukannya dan bertanya kepadanya: ‘Siapa namamu?’ Dia berkata: ‘Nama saya Cleo,’” Blanch menambahkan.

Ibu Cleo Smith, Ellie Smith (kiri)  berdiri bersama pasangannya Jake Gliddon, memegang foto putrinya Cleo Smith ketika belum ditemukan, (Foto: AAP/ AP/Al Jazeera)

Cleo Smith  menghilang dengan kantong tidurnya pada 16 Oktober, hari kedua perjalanan keluarga di Blowholes Campground, 75 kilometer utara Carnarvon, tempat keluarga gadis itu tinggal.

Cleo dan adik perempuannya berada di kompartemen tenda yang terpisah dari orang tua mereka. Polisi menduga dia telah diculik karena ritsleting pada tutup tenda telah dinaikkan ke ketinggian yang tidak bisa dia capai.

Hilangnya Cleo Smith memicu kekhawatiran di seluruh negeri, memicu pencarian udara, laut dan darat yang melibatkan 100 petugas. Sementara polisi menggunakan kecerdasan manusia, rekaman pengawasan dan analisis forensik untuk menemukan gadis itu. Sejumlah sukarelawan juga telah menjelajahi hutan semak terdekat untuk mencari petunjuk.

Komisaris Polisi Chris Dawson mengatakan bahwa para penyelidik telah bertekad untuk tidak berhenti mencari, apapun yang akan terjadi.

“Kami telah mengikuti banyak petunjuk forensik dan itu membawa kami ke rumah tertentu,” katanya kepada radio ABC. “Kami mengerahkan semua yang kami miliki untuk itu,” tambah Chris Dawson.

Dawson mengatakan,  video kamera pada tubuh empat petugas polisi masuk ke rumah dengan surat perintah penggeledahan, dan menemukan gadis itu membuat matanya berkaca-kaca.

“Ini adalah momen yang sangat menggembirakan. Kami tidak selalu mendapatkan hasil seperti ini dan meskipun kami sangat, sangat khawatir, kami tidak kehilangan harapan,” kata Chris Dawson.

Komisaris polisi tidak merinci apa yang dialami gadis itu. “Dia sebaik yang Anda harapkan. Ini telah menjadi cobaan. Saya tidak akan membahas lebih detail, selain mengatakan kami sangat bersyukur dia masih hidup,” tambahnya.

Tidak jelas apakah hadiah 1 juta dolar Australia atau sekitar Rp 10,7 miliar yang ditawarkan lima hari setelah Cleo Smith menghilang, membuat balita itu berhasil ditemukan..

Perdana Menteri Australia Scott Morrison berterima kasih kepada polisi karena telah menemukan Cleo Smith, dan mendukung keluarganya.

“Betapa indahnya, berita yang melegakan. Cleo Smith telah ditemukan dan berada di rumah dengan selamat,” cuit Morrison. “Doa kami dijawab,” tambah Morrison, seperti dikutip Al Jazeera..(*)

  



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *