Bank BTN Kucurkan Rp 1 Triliun Untuk Modali WIKA

  • Bagikan


SuaraKupang.com – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) memperoleh fasilitas pinjaman dari PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk dengan total mencapai Rp 1 triliun sebagai modal kerja. Transaksi tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian pemberian corporate line facility.

“Pertimbangan dilakukannya transaksi ini untuk keperluan pembiayaan modal kerja dalam rangka melaksanakan atau menyelesaikan pembangunan atau pekerjaan beberapa proyek infrastruktur perseroan,” kata Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk Mahendra Vijaya, Rabu (03/11/2021).

Ia menjelaskan, terkait soal pemberian corporate line facility dari Bank BTN ini terdiri dari fasilitas cash loan dan non cash loan (fasilitas pembiayaan). Transaksi tersebut merupakan transaksi pinjaman yang diterima secara langsung dari bank.

Adapun nilai maksimum yang diberikan oleh Bank BTN sebesar Rp 1 triliun dengan rincian cash loan sebesar Rp 850 miliar dan non cash loan sebesar Rp 150 miliar.

“Transaksi tersebut dilaksanakan pada saat melakukan penarikan atas fasilitas pembiayaan yang lebih dulu dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pada 29 Oktober 2021 lalu,” imbuhnya.

Lebih jauh, transaksi tersebut juga memiliki hubungan afiliasi karena kedua belah pihak merupakan BUMN yang mayoritas sahamnya dimiliki pemerintah. Pemerintah menguasai 65,05% saham PT Wijaya Karya Tbk, dan 60% kepemilikan saham di Bank BTN.

Dengan demikian, jelas Mahendra, di antara perseroan dan BTN memiliki hubungan afiliasi lantaran secara langsung dikendalikan pemegang usaha utama yang sama yakni pemerintah.

Sebelum Wika, BUMN Karya yang lain, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) juga meraih fasilitas kredit dari sesama bank plat merah yakni PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan total mencapai Rp 8,07 triliun yang digunakan untuk modal kerja dan pengerjaan proyek.

Dari jumlah pokok sebesar Rp 8,07 triliun tersebut, PT Bank Mandiri Tbk memberikan pembiayaan sindikasi kepada Waskita sebesar Rp 3,69 triliun atau 45,71%, PT BNI Tbk sebesar Rp 1,38 triliun atau 17,14%, dan PT BRI Tbk sebesar Rp 3,00 triliun atau 37,14% yang penandatanganannya dilaksanakan pada 25 Oktober lalu.


Photo Credit: PT Bank Tabungan Negara atau biasa disebut BTN kucurkan modal kerja Rp 1 triliun pada Wijaya Karya (WIKA). FILE/BTN

 

Shan Santi
Latest posts by Shan Santi (see all)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *