Banyak Tumbuh Gulma, Danau Ranu Pani Hari Ini Dibersihkan

Pembersihan gulma di Danau Ranu Pani. (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Gulma salvinia molesta mulai tumbuh di permukaan Danau Ranu Pani, Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Untuk mengembalikan kondisi Danau seperti semula, sejumlah komunitas dan masyarakat yang dikordinasi Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melakukan pembersihan, Kamis 10 Juni 2021.

Seperti diketahui, gulma salvinia molesta atau yang dikenal dengan nama kiambang atau kayapu itu merupakan tumbuhan sejenis paku air yang mampu tumbuh signifikan pada musim panas. Adanya gulma tersebut berdampak negatif pada keanekaragaman hayati dan kelimpahan spesies air tawar.

Plt. Kepala Bidang PTN Wilayah II Balai Besar TNBTS, Wisnu Utoro sengaja mengajak masyarakat untuk terlibat dalam upaya normalisasi Danau Ranu Pani dari gulma salvinia molesta.

“Kami mengajak peran serta masyarakat dan rekan-rekan semua dalam pembersihan Danu Ranu Pani, dalam rangka peningkatan kualitas skosistem ssensial Danau Ranu Pani yang mulai tertutupi gulma salvinia molesta,” terangnya.

Selain elemen masyarakat,, turut terlibat dalam kegiatan tersebut unsur Pemerintah Kabupaten Lumajang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pariwista dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, serta unsur Forkopimca Senduro.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.