Batal Ikut ke Roma, Sekretaris Pers Gedung Putih Positif Covid-19

  • Bagikan
Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki dinyatakan positif Covid-19. (Foto:Reuters)


Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki menyatakan dirinya telah tertular COVID-19,  dan mengalami gejala ringan.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan pada hari Minggu kemamrin, Jen Psaki mengatakan dia terakhir melakukan kontak dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada hari Selasa pekan lalu, ketika dia bertemu dengannya di Gedung Putih, di mana mereka terpisah lebih dari 6 kaki dan mengenakan topeng.

Biden, yang sering dites, terakhir kali dites negatif pada Sabtu, menurut Gedung Putih.

Psaki, 42 tahun, tidak ikut dalam rombongan Presiden Biden dalam perjalanannya ke luar negeri ke Roma akhir pekan ini untuk KTT G20 dan pertemuan Glasgow, Skotlandia, pada Senin untuk KTT mengenai perubahan iklim.

Jen Psaki mengatakan, sebenarnya  dia telah merencanakan untuk ikut dalam rombongan presiden, tetapi membatalkan perjalanan tepat ketika dia akan berangkat ke Eropa,  setelah secara mendadak diberitahu bahwa anggota keluarganya di rumah telah dinyatakan positif COVID-19.

“Sejak itu saya dikarantina dan dinyatakan negatif melalui PCR  COVID  pada Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu. Namun ternyata hari ini, Minggu, saya dinyatakan positif COVID,” kata Jen Psaki.

Psaki, yang divaksinasi lengkap, mengatakan dia hanya menunjukkan gejala ringan.

“Meskipun saya tidak melakukan kontak dekat secara langsung dengan Presiden atau anggota senior staf Gedung Putih sejak Rabu, dan dinyatakan negatif selama empat hari setelah kontak terakhir itu, saya mengungkapkan hasil tes positif hari ini agar semua tahu,” kata sekretaris pers Gedung Putih ini.

Staf Gedung Putih dan orang lain yang bepergian dengan presiden telah menjalani tes harian untuk COVID-19 sejak sebelum meninggalkan Washington, DC, dan semuanya telah divaksinasi sepenuhnya. Banyak pejabat juga menerima suntikan booster atau vaksin ketiga karena lingkungan jarak dekat dan sering bepergian terkait dengan pekerjaan mereka.

Joe Biden mendapatkan booster COVID-19 pada 27 September lalu, tak lama setelah regulator federal menyetujui dosis ketiga untuk banyak orang Amerika.

Jen Psaki adalah orang paling terkenal di pemerintahan Biden yang diketahui telah tertular COVID-19 sejak ia menjabat pada Januari. “Saya  akan kembali bekerja secara langsung setelah karantina 10 hari dan setelah dinyatakan negatif,” katanya seperti dikutip Al Jazeera. (*)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *