Bertambah, Kemenkes Umumkan Tiga Kasus Omicron di Indonesia

Ilustrasi Covid-19. (Foto: dok Ngopibareng.id)

[ad_1]

Jumlah kasus Covid-19 varian baru Omicron, bertambah total menjadi tiga kasus, Sabtu 18 Desember 2021. Dua kasus terbaru berasal dari lima sampel probable Omicron yang sedang diteliti sebelumnya.

Dua Kasus Omicron

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dokter Siti Nadia Tarmidzi, mengatakan dua pasien tersebut adalah dua orang laki-laki, masing-masing berusia 42 tahun dan 50 tahun.

Pasien pertama baru saja pulang dari kunjungan ke Amerika Serikat dan yang kedua baru saja mengunjungi Inggris. Dua kasus ini berasal dari lima kasus probable Omicron yang semuanya baru kembali dari luar negeri. “Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” kata Siti Nadia, dikutip dari detik.com, Sabtu 18 Desember 2021.

Temuan ini merupakan hasil pemeriksaan khusus SGTF yang dilakukan oleh Badan Litbang Kesehatan pada 14 dan 15 Desember lalu. Kedua pasien terbaru terkonfirmasi Omicron setelah menjalani karantina wajib 10 hari sekembali dari luar negeri.

Kasus Pertama

Sebelumnya, Indonesia mengumumkan satu kasus Omicron yang menginfeksi seorang pekerja pembersihan di Wisma Atlet, Jakarta. Pasien Omicron pertama terkonfirmasi pada Kamis, 16 Desember 2021.

Nadia meminta agar masyarakat waspada dan tidak bepergian ke luar negeri mengingat Omicron masih menjadi wabah di sejumlah negara di luar negeri.

Beberapa negara mengalami lonjakan kasus yang tajam, akibat Omicron yang menyebar dari Afrika dan kini juga ditemukan di Eropa dan Amerika.

Pemerintah sendiri memprediksi akan terjadi arus balik warga negara Indonesia yang kini sedang berada di luar negeri. Juga arus pemberangkatan warga Indonesia yang hendak ke luar negeri. Arus bepergian ini diperkirakan terjadi pada pekan depan dan akan mencapai puncak pada pekan pertama dan kedua tahun 2022, dikutip dari Antara.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.