Bertambah, RSLI Surabaya Rawat 4 Pasien Varian Delta India

Rumah Sakit Lapangan Indrapura (Foto: Istimewa)

[ad_1]

Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) kembali merawat pasien terkonfirmasi positif varian B1617.2 Delta. Dengan demikian, total sudah ada empat pasien strain India yang dirawat di RS Darurat tersebut.

Konsultan dan Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) RSLI, dokter Erwin Ashta Triyono mengatakan kedua pasien dengan varian B1617.2 Delta tersebut terjaring penyekatan Jembatan Suramadu, Minggu, 6 Juni 2021. “Mereka semua berasal dari klaster Bangkalan, yang dikirimkan oleh Satgas Covid-19 Surabaya,” kata Erwin, di RSLI, Sabtu, 19 Juni 2021.

Setelah terjaring, kata Erwin, keduanya kemudian dibawa ke RSLI untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Saat itu, dua warga Bangkalan tersebut CT Value-nya berada dibawah 25.

Oleh karena itu, lanjut Erwin, sampek para pasien tersebut dilakukan penelitian whole genome sequencing di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, dan hasilnya keluar pada, Rabu, 16 Juni 2021. “RSLI mendapatkan kofirmasi dari Unair untuk sampel dari dua pasien terkonfirmasi varian baru, Delta B1617.2 yang merupakan varian dari India,” jelasnya.

Erwin mengungkapkan, kedua pasien asal Bangkalan tersebut masih dirawat di RSLI dan bergejala ringan, tanpa komorbid. Yakni, salah satunya mengalami meriang, kemudian satunya lagi panas.

Dengan demikian, RSLI saat ini tengah merawat empat pasien Covid-19 varian B1617.2 Delta. Mereka ditempatkan di ruangan yang berbeda, untuk meminimalsir resiko penyebaran. “Mendapatkan penangan khusus yaitu di ruangan tersendiri, dengan monitoring dan observasi sesuai ketentuan dan tata laksanan pelayanan pasien khusus,” tutupnya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.