Bill Clinton Sakit Infeksi Saluran Kemih

  • Bagikan
Pasangan Bill Clinton dan Hillary Clinton. (Foto: Istimewa)


Mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, dirawat di rumah sakit, University of California Irvine (UCI) Medical Center. Suami Hillary Clinton itu tak mengidap Covid-19. Dia menjalani perawatan medis karena infeksi saluran kemih. Bill Clinton dilarikan ke rumah sakit pada Selasa, 12 Oktober 2021.

Kepala pengobatan Pusat Medis Universitas California Irvine, Alpesh Amin, menyatakan bahwa Clinton dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU) karena infeksi saluran kemih sang mantan presiden menyebar ke aliran darah.

“Dia dirawat di ICU untuk pemantauan lebih lanjut dan diberikan antibiotik IV dan cairan. Dia masih berada di rumah sakit untuk pemantauan lebih lanjut,” demikian pernyataan bersama Amin dan ahli kesehatan pribadi Clinton, Lisa Bardack dikutip FOX News.

Mereka menegaskan bahwa Clinton dibawa ke ICU bukan karena ia butuh perawatan intensif, tapi demi keamanan dan privasi.

Penyakit Usia Lanjut

Berdasarkan keterangan kantor Bill Clinton, mantan presiden itu sedang berada di California untuk acara salah satu yayasannya. Pria 75 tahun ini sudah merasa pusing sejak Selasa lalu.

Namun menurut Amin dan Bardack, saat ini Bill Clinton dalam keadaan baik dan dapat berbicara dengan keluarga juga stafnya. Ia bahkan sudah dapat berjalan-jalan.

“Setelah dua hari perawatan, sel darah putihnya mulai turun dan dia merespons antibiotik dengan baik. Kami harap dapat memulangkan dia secepatnya,” demikian pernyataan Amin dan Bardack.

Mereka menyatakan bahwa infeksi urologi memang biasa terjadi pada orang usia lanjut. Meski demikian, infeksi itu dapat menyebar dengan cepat ke aliran darah, tapi juga bisa segera ditangani.

Bill Clinton sendiri sudah menjalani operasi bypass jantung pada 2004. Pria kelahiran 19 Agustus 1946 ini kemudian menjalani operasi pemasangan ring untuk membuka satu arteri pada 2010.

Sebagaimana diketahui, Bill Clinton merupakan Presiden Amerika ke-42. Dia menjabat periode 1993-2001. Ia merupakan suami Hillary Clinton yang juga merupakan politisi kenamaan Amerika, yang pernah mencalonkan diri sebagai Presiden tahun 2016.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *