Bisakah Penderita Diabetes Terhindar dari Penyakit Mata?

  • Bagikan
dr Dyah Kusuma, Sp.M RS Mata Undaan Surabaya (RSMU) dalam podcast Beri Tanda. (Foto: Tangkapan layar)


Diabetes merupakan penyakit yang menyerang metabolisme tubuh akibat gula darah yang tidak terkontrol. Diabetes yang tidak terkendali dapat mengganggu fungsi organ tubuh yang lainnya termasuk organ penglihatan. Salah satu penyakit mata akibat komplikasi diabetes adalah retinopati diabetik.

Namun, yang menjadi pertanyaannya apakah semua orang yang memiliki diabetes akan mengalami retinopati diabetik?

Menjawab pertanyaan tersebut, dr Dyah Kusuma, Sp.M RS Mata Undaan Surabaya (RSMU) mengatakan, tidak semua pasien diabetes akan mengalami retinopati diabetik. Pasien diabetes yang bisa menjaga gula darah normal di bawah angka 200 dengan baik, dapat terhindar dari faktor risiko retinopati diabetik.

“Kuncinya adalah kontrol gula darah. Apabila gula darah terkontrol dengan baik, risiko terjadinya retinopati diabetik juga dapat dikendalikan,” ujar dr Dyah dalam Podcast Beri Tanda RS Mata Undaan.

Dokter Dyah menjelaskan, retinopati diabetik merupakan kelainan vaskular atau pembuluh darah pada retina mata yang mengalami kelainan karena disebabkan diabetes melitus.

Pada tubuh pasien diabetes melitus akan terjadi hiperglikemia yang menyebabkan terjadinya perubahan fungsi morfologi dan fungsional pada pembuluh darah retina.

“Jadi pada orang-orang diabetes melitus, pembuluh darah retinanya akan berubah secara fungsi dan bentuk. Pembuluh darah tersebut akan lebih rapuh dan mudah berdarah karena ada kebocoran,” terangnya.

Untuk itu, ungkap dr. Dyah, menjaga kadar gula darah tetap terkendali guna menurunkan risiko diabetes melitus penting dilakukan untuk mencegah retinopati diabetik.

“Orang dengan diabetes melitus harus tetap waspada, karena retinopati diabetik tidak menunjukan gejala awal bila masih stadium ringan.,” imbuhnya.

Tentang RS Mata Undaan

Rumah Sakit Mata Undaan adalah penyelenggara pelayanan  kesehatan yang secara khusus melayani penderita penyakit mata. Rumah Sakit ini berdiri tahun 1933 dengan nama Soerabaiache Oogheelkundige Kliniek. Kini, Rumah Sakit Mata Undaan pun telah menjadi Rumah Sakit Khusus menangani penyakit mata dan telah menjadi ikon kota Surabaya.

Berlokasi di jantung kota Surabaya, Rumah Sakit Mata Undaan adalah sebuah Rumah Sakit Khusus Kelas B yang memiliki 4 layanan unggulan. Diantara layanan tersebut adalah Lasik, Vitreo Retina, Glaukoma, dan Katarak.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *