BMKG Keluarkan Peringatan Siaga Banjir Hari ini di Jawa Timur

  • Bagikan
BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini waspada cuaca hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir. (Ilustrasi: Fa-Vidhi/Ngopibareng.id)


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini waspada hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang, pada Sabtu 4 Desember 2021, di wilayah Jawa Timur. BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini berupa siaga banjir pada Sabtu.

Banjir Level Siaga

BMKG Juanda mengeluarkan peringatan dini berupa siaga banjir di wilayah Jawa Timur, Sabtu 4 Desember 2021.

Sejumlah wilayah diperkirakan mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir pada pagi hari, di antaranya di Gresik, Nganjuk, Trenggalek, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Sumenep.

Pada siang hingga sore, hujan sedang hingga lebat diperkirakan turun di wilayah Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten dan Kota Malang, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

Sedangkan pada malam hari, hujan sedan hingga lebat diprediksi turun di Gresik dan Pasuruan.

Waspada Banjir

Pada peringatan yang sama, BMKH Juanda mengeluarkan peringatan waspada banjir pada Minggu dan Senin, 5 dan 6 Desember 2021.

Pada dua hari tersebut, prakiraan hujan tidak hanya turun pada pagi, siang hingga malam. Namun hujan juga diperkirakan turun pada dini hari di dua hari tersebut. Sehingga peringatan banjir keluar dalam level waspada untuk Minggu dan Senin.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *