Bondowoso Anggarkan Rp 200 Juta untuk Baju Bupati dan Wabup

  • Bagikan
Bupati Bondowoso Salwa Arifin dan Wakil Bupati (Wabup) Irwan Bachtiar Rahmat mendapatkan pengadaan baju dinas dan atribut kelengkapan baru dengan anggaran Rp.200 juta dari P-APBD Bondowoso 2021.(foto: Guido/ngopibareng.id)


Di tengah pandemi Covid-19 belum berakhir, Pemkab Bondowoso menganggarkan belanja baju dinas dan atribut kelengkapan bupati dan wakil bupati (wabup) dalam Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) 2021. Anggaran untuk pasangan pemimpin Bondowoso ini terbilang tidak sedikit, yakni mencapai Rp.200 juta.

Padahal, di tengah Pandemi Covid-19, anggaran kegiatan pembangunan di semua OPD Pemkab Bondowoso terkena refocusing. Sehingga, banyak program pembangunan infrastruktur yang direncanakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Tape –julukan legendaris Bondowoso- tidak terlaksana. Karena, anggaran dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19  dan pemulihan ekonomi.

Kepala Bagian (Kabag) Umum Pemkab Bondowoso, Sudiyono dihubungi wartawan melalui teepon seluler, Kamis, 7 Oktober 2021, membenarkan anggaran belanja baju dinas bupati dan wabup dalam P-APBD 2021 mencapai Rp 200 juta. Namun, dia enggan membeberkan rincian anggaran tersebut.

Sudiyono beralasan baru menjabat kabag umum. Sehingga, tidak mengetahui banyak anggaran belanja baju dinas bupati dan wabup yang disahkan sebelum dia menjabat Kabag Umum.

“Persoalnnya, saya masih baru menjabat di bagian umum Pemkab Bondowoso. Coba temui Pak Ghozal (mantan Kabag Umum, red), karena pengesahan anggaran belanja baju dinas bupati dan wabup, itu masih era Pak Ghozal,” katanya.

Karena itu, Sudiyono tidak bersedia memberikan informasi banyak mengenai anggaran belanja baju dinas bupati dan wabup tersebut. Terlebih, dia sedang studi tiru bersama sejumlah pejabat Pemkab Bondowoso ke luar kota. ”Maaf, hari ini sampai Sabtu, saya masih studi tiru ke Kudus dan Banyumas Jawa Tengah. Baru hari Senin nanti, ada di kantor Bondowoso. Jadi, maaf saya tidak bisa memberiakn informasi banyak terkait hal itu,” ujarnya.

Anggaran mencapai Rp 200 juta untuk belanja baju dinas bupati dan wabup ini terpampang dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bondowoso di website http://lpse.bondowosokab.go.id. Selain itu, dari foto sebagian draf anggaran belanja baju dinas bupati dan wabup di P-APBD Bondowoso 2021 yang tersebar di media sosial grup Whatsapp.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *