BTS Dituding Plagiat Lagu Butter

  • Bagikan
BTS dituding plagiat di lagu Butter. (Foto: Istimewa)


BTS (Bangtan Sonyeondan atau BTS Boys) meraih sukses besar lewat single Butter yang dirilis 21 Mei 2021. Lagu tersebut berhasil memuncaki chart Billboard’s Hot 100 delapan pekan berturut-turut. Namun baru-baru ini, muncul tudingan bahwa lagu tersebut adalah hasil plagiat.

Sebuah postingan di situs komunitas online Pann memuat video berjudul “Monster in MY Pocket (NES) Music – Stage 04 Towering Catastrophe”. Video tersebut diunggah di YouTube pada 15 Februari 2014, atau 7 tahun sebelum Butter dirilis YG Entertainment.

Video tersebut berupa klip audio sebuah melodi yang dinilai terdengar mirip dengan melodi Butter. Melodi ini sendiri merupakan salah satu musik pengiring atau soundstrack dari game Monster in My Pocket. Netizen yang mempublikasikan postingan menulis bahwa menurutnya, kemiripan melodi tersebut dengan Butter bukanlah sampling tetapi melodi yang persis sama.

Postingan ini pun menuai banyak tanggapan dari para netizen dan ARMY, sebutan fans BTS. “Intronya benar-benar mirip,” komentar netizen.

“Bukan cuma intronya, fakta bahwa mereka mengulang rangkaian yang sama juga, kan? Itu sama,” kata netizen lainnya.

“Aku bukan ARMY tapi aku bertaruh semua orang yang merasa inferior terhadap Bangtan pasti semangat mendengar ini. Kalian sangat rendahan,” ujar yang lain.

“Di masa lalu, kalau ada yang dituduh plagiat, orang-orang selalu meminta analisis dari ahli. Pernah terjadi di masa lalu di mana meski orang biasa bilang itu mirip, ahli bilang chord-nya cukup berbeda sehingga tidak bisa dianggap sebagai plagiat,” jelas seorang ARMY.

“Aku mendengarkan tautan yang di postingan dan aku percaya itu cukup mirip sehingga mereka perlu memberi penjelasan tentang itu, tapi aku tidak akan mengatai mereka. Aku hanya orang biasa yang mengenal Bangtan akhir-akhir ini tapi aku melihat banyak orang di komentar yang mengatai Bangtan. Menurutku kita tidak seharusnya meremehkan apa yang telah mereka capai hanya karena ini,” imbuh netizen lainnya.

Lagu Butter Sempat Disebut Mirip Sampel Lagu Queen

Sebelum muncul tudingan plagiat, lagu Butter sempat diberitakan terdengar seperti sampel dari lagu Queen bertajuk Another One Bits the Dust. Bahkan, akun media sosial band rock legendaris dari Inggris tersebut mengunggah status mengenai Butter.

“Apakah kamu siap, apa kamu siap untuk ini … Another One Bites The Dust x #BTS_Butter,” tulis Queen melalui akun Twitter resmi.

Ternyata, pertanyaan terkait Queen dan BTS ini muncul saat konferensi pers global. RM pun memberikan penjelasan dan menegaskan bahwa tidak ada hubungan antara Butter dan Another One Bits the Dusk.

“Kami mendengar Queen me-retweet cuplikan (Butter) kami dan bergulir viral. Sejujurnya, tidak ada pengambilan sampel atau sebagai bentuk penghormatan pada Queen,” ujar RM seperti dikutip AllKpop.

Jin turut menanggapi mengenai ramainya kabar mengenai kolaborasi BTS dan Queen. “Sampai sekarang belum ada yang direncanakan mengenai perihal itu, tapi kesempatan selalu terbuka, jadi tolong hubungi kami senior Queen,” pungkas Jin.

Seperti diketahui, lagu Butter diproduksi oleh Rob Grimaldi, Stephen Kirk, Ron Perry, Jenna Andrews, Alex Bilowitz, Sebastian Garcia serta sang rapper, RM BTS.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *