Buka PON Klaster Merauke, Bupati Merauke: Perekat Nusantara

  • Bagikan
Bupati Merauke, Romanus Mbaraka bersama jajaran forkopimda membuka pertandingan wushu di GOR Futsal Dispora, Merauke, Rabu 29 September 2021. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)


Bupati Merauke, Romanus Mbaraka secara resmi membuka pelaksanaan PON di klaster Merauke, di GOR Futsal Dispora, Merauke, Rabu 29 September 2021. Bupati sekaligus Ketua Sub Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua Klaster Merauke, didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Merauke.

Sebagai pembuka, Wushu menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan mulai hari ini sampai 3 Oktober mendatang. Pada pembukaan ini, tari-tarian khas Papua menyambut kedatangan seluruh kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia.

Romanus Mbaraka menyampaikan selamat datang dan selamat bertanding di klaster Merauke. Ia mengaku merasa bangga karena Merauke terpilih menjadi salah satu tempat digelarnya PON.

“Saya mewakili masyarakat Papua, mewakili Gubernur Papua, mewakili masyarakat Papua di atas gunung, pinggir kali, di kota, di tiap distrik mengucapkan terima kasih kepada Bapak Jokowi (Presiden Republik Indonesia) karena memberi kepercayaan bagi Papua sebagai tuan rumah,” ungkap dia.

Romanus Mbaraka bersama seluruh jajaran yang terlibat berjanji akan menyukseskan dan mengamankan selama pelaksanaan PON ini. Menurutnya, PON Papua ini merupakan pertaruhan Indonesia di mata dunia. Event besar ini diharapkan dapat berjalan aman dan lancar tidak seperti banyak dikabarkan adanya ancaman dari kelompok kriminal bersenjata.

“Dengar cerita Papua yang lalu, tapi bapak ibu boleh lihat dengan mata kepala sendiri bahwa Papua ternyata damai, Papua sejuk. Papua bagian Indonesia dan Papua itu merah putih. Papua bagian tak terpisahkan dari Indonesia,” tegas Romanus Mbaraka.

Karena itu, lanjut Romanus Mbaraka, gelaran multievent nasional ini juga diharapkan dapat semakin mempererat hubungan persaudaraan.

“Ini olahraga nasional untuk semua atlet, official, juri dan semua pengurus bersama-sama menjadi sahabat se-nusantara. Olahraga jembatan perekat nusantara. Kebersamaan ini kita jaga dengan komunikasi yang baik dan Merauke harus jadi tuan rumah yang baik,” pungkasnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *