Cara Buat Sticker WhatsApp Pakai Aplikasi di iPhone dan Komputer

  • Bagikan
Ilustrasi sticker WhatsApp. (Foto: Tangkapan layar)


WhatsApp sudah memberikan dukungan kepada para penggunanya untuk membuat stiker sendiri. Stiker ini dapat dibagikan teman atau keluarga yang masih tercatat dalam kontakmu. Obrolan akan semakin berwarna jika teks diselingi dengan menggunakan stiker atau foto yang dikirim untuk menggambarkan suasana hati dari pengirimnya, atau sekadar untuk mencairkan suasana ketika berbalas pesan. Ada pula stiker yang bisa digunakan dengan foto penggunanya, seperti apa caranya? Yuk, simak langkahnya berikut ini.

Awal Kemunculan WhatsApp

Pada awal bulan 2009, seorang karyawan Yahoo bernama Brian Acton dan Jan Koum membeli sebuah Iphone. Mereka menyadari akan sebuah potensi dari industri aplikasi software pada aplikasi iOS, kemudian keduanya mulai mengunjungi Alex Fishman yang merupakan seorang teman Koum di West San Jose untuk membicarakan model baru aplikasi berkirim pesan yang akan menunukkan status di samping nama individu.

Alex Fishman memutuskan untuk mengunjungi RentAcoder.com untuk menemukan developer berkebangsaan Rusia bernama Igor Solomennikov, dan kemudian memperkenalkannya dengan Koum. Setelahnya, Koum menamakan aplikasinya bernama Whats App agar terdengar seperti sedang mengucapkan “What’s up” yang berarti apa kabar.

Pada 24 Februari 2009, dia melegalkannya menjadi perusahaan WhatsApp Inc yang berlokasi di California. Pada versi awalnya WhatsApp sering mengalami crash komputer, hingga membuat Koum berfikir untuk menyerah dan mencari pekerjaan baru, namun Acton memintanya untuk bersabar menunggu beberapa bulan lagi.

Ketika WhatsApp 2.0 dirilis dengan menggunakan komponen berkirim pesan tiba-tiba mengalami lonjakan penggunanya sebnyak 250.000. Pada Desember 2009, menu berkirim foto ditambahkan untuk versi iOS. Tiga tahun kemudian, aplikasi WhatsApp menjadi salah satu dari 20 aplikasi di App Store Amerika. Kemudian, pada 19 Februari 2014, Facebook Inc mengumumkan akuisisi pada WhatsApp hingga sekarang.

Cara Membuat Stiker WhatsApp dengan Foto Sendiri

1. Pertama-tama, siapkan setidaknya tiga foto selfie karena itu merupakan jumlah minimal untuk foto yang dijadikah stiker.

2. Kemudian, hapus latar belakang foto dan ubah formatnya menjadi PNG agar bisa memiliki background transparan. Anda bisa menggunakan aplikasi background eraser yang banyak tersedia di toko Play Store dan App Store. Untuk contoh ini, KompasTekno menggunakan aplikasi Background Eraser bikinan MediaEncode Inc. Agar lebih mudah dibersihkan, ada baiknya mengambil foto dengan latar belakang berwarna polos, misalnya tembok.

3. Selanjutnya, buka aplikasi yang baru itu lalu pilih ikon ‘Eraser’ dan pilih foto yang ingin dirapikan. Ada beberapa tool, termasuk tool otomatis yang sangat mudah digunakan untuk menghilangkan latar belakang berwarna polos. Pastikan background terhapus secara merata agar dapat ditampilkan dengan baik di WhatsApp nantinya.

4. Kalau sudah selesai mengedit minimal 3 foto tadi, klik tanda centang di sebelah kanan atas, lalu foto pun akan terkonversi secara otomatis ke dalam format PNG. Background Eraser menyediakan tool untuk menambah teks, tapi Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain, seperti misalnya PicsArt untuk melakukan hal ini setelah menghapus latar belakang foto.

5. Selanjutnya, pastikan WhatsApp sudah diperbarui ke versi 2.18 atau lebih baru agar mendukung penggunaan stiker. Buka WhatsApp, lalu pilih opsi menambah emoji yang terletak di sebelah kiri kolom untuk ketik pesan. Kemudian pilih ikon “Stickers” yang terletak di kanan ikon ‘GIF’.

6. Berikutnya akan muncul tampilan stiker yang dimiliki pengguna, seperti stiker cangkir yang sudsh terpasang secara default. Di halaman ini, pilih tanda tambah (+) di pojok kanan atas untuk menambah stiker sendiri. Pengguna akan disuguhkan beberapa set stiker yang direkomendasikan WhatsApp. Gulir ke bawah sampai ada teks Get more stickers, pilih opsi tersebut untuk menambah stiker bikinan sendiri.

7. Anda akan diantar ke tampilan Play Store atau App Store yang berisi daftar aplikasi dengan kata kunci ‘WAStickerApp’. Dalam daftar, pilih aplikasi Personal Stickers for WhatsApp bikinan Stukalov lalu install di perangkat.

8. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut. Di tampilan app yang baru diunduh itu, akan muncul beberapa gambar yang terdapat di ponsel pengguna, termasuk foto hasil editing tadi. Aplikasi ini hanya akan membaca gambar yang berekstensi *.PNG.

9. Selanjutnya, tinggal pilih tombol “Add”. Foto-foto selfie Anda pun akan diimpor ke dalam WhatsApp sebagai set stiker baru yang bisa digunakan dalam percakapan.

Ilustrasi personal stiker WhatsApp. (Foto: Istimewa)

Cara Membuat Stiker pakai Bantuan Aplikasi

A. Aplikasi Sticker Maker

Untuk membuat paket stiker sendiri di aplikasi WhatsApp bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sticker Maker yang dikembangkan oleh Viko & Co.

1. Buka Play Store lalu unduh serta instal aplikasi Sticker Maker di ponsel Anda.

2. Buka aplikasi dan klik pada Create a new stickerpack

3. Masukkan nama stickerpack dan nama author stickerpack lalu klik Create.

4. Klik pada nama paket stiker yang baru saja Anda buat, dan Anda akan melihat kotak kosong tanpa stiker yang ditambahkan. Klik pada kotak untuk menambahkan stiker.

5. Pastikan Anda telah menyiapkan setidaknya tiga gambar karena WhatsApp tidak mengizinkan paket stiker dengan kurang dari tiga gambar.

6. Selanjutnya Anda dapat memilih dari dua opsi, mengambil file gambar dari galeri ponsel atau menggunakan kamera.

7. Proses selanjutnya adalah menghapus background dari gambar.

8. Usapkan jari pada bagian gambar yang ingin Anda hapus.

9. Setelah selesai, klik Yes, save sticker atau No, try again jika Anda tidak puas dengan hasilnya.

10. Ulangi langkah tersebut sampai Anda menyelesaikan proses hapus background minimal pada tiga gambar.

11. Setelah selesai klik Publish Sticker Pack, maka muncul jendela pemberitahuan yang berisi pertanyaan Are you sure you want to publish this stickerpack? Konfirmasikan dengan menekan Yes Publish lalu klik Maka paket stiker berhasil dibuat dan ditambahkan ke daftar stiker WhatsApp Anda.

B. Aplikasi Sticker Studio

Bantuan aplikasi lain yakni Sticker Studio, dan berikut ini langkah-langkah untuk membuat stikernya:

1. Tambahkan maksimal 30 stiker dalam satu paket.

2. Untuk membuat stiker lebih menarik juga bisa dilakukan dengan cara menambahkan teks di atasnya, menerapkan filter dan mengubah ukurannya sesuai kebutuhan Anda.

3. Aplikasi pembuat stiker pribadi ini memungkinkan Anda menggunakan jari Anda untuk memilih area yang akan dipotong.

4. Buat hingga 10 paket dengan maksimum 30 stiker per paket stiker

5. Gunakan kamera Anda untuk mengambil foto atau pilih dari galeri ponsel Anda

6. Gambar outline stiker dengan jari Anda

7. Tambahkan teks dan gambar ke stiker Anda

8. Skala stiker untuk ukuran sempurna

9. Tambahkan stiker ke WhatsApp

C. Aplikasi Zamoji

Zamoji akan menggabungkan wajah dalam foto menjadi stiker yang lucu dan menarik menggunakan banyak pilihan template yang tersedia.

1. Buka Play Store lalu unduh serta instal aplikasi Zamoji-Make Your Personal Sticker yang dikembangkan oleh Zalo group.

2. Atur bahasa yang akan Anda gunakan dalam aplikasi.

3. Anda dapat masuk dengan akun Facebook atau Zolo atau hanya melewatkannya dengan mengklik Login Later.

4. Selanjutnya klik Make Sticker untuk memulai membuat stiker.

5. Anda dapat memilih gambar dari galeri ponsel Anda atau mengambil selfie secara langsung.

6. Edit gambar dengan kustomisasi yang ada dalam aplikasi.

7. Setelah selesai dengan gambar Anda, klik OK .

8. Anda telah berhasil membuat gambar Anda menjadi berbagai stiker lucu. Pilih yang Anda suka lalu download stiker atau membagikannya langsung melalui WhatsApp.

Cara Membuat Stiker WhatsApp di iPhone pakai Aplikasi Bazaart

Sticker WhatsApp bisa juga dibuat iOS, dengan cara menggunakan aplikasi Bazaart. Berikut ini cara membuat sticker di iPhone:

1. Unduh dan instal aplikasi Bazaart melalui App Store.

2. Buka aplikasi dan klik Start New atau Open Photo.

3. Di layar aplikasi Bazaart Anda dapat menggunakan tool dari aplikasi untuk membuat stiker dengan cara memotong, menambahkan kotak dialog dan masih banyak lagi.

4. Setelah selesai klik ikon Share lalu klik WhatsApp.

5. Maka aplikasi ini akan meminta untuk menambahkan nama Anda jika ingin mengambil kredit untuk paket stiker.

6. Pada layar berikutnya klik Add to WhatsApp sehingga akan menambahkan stiker Anda ke WhatsApp.

7. Bazaart juga memungkinkan Anda dengan mudah memperbarui paket stiker Anda. Cukup ulangi langkah di atas dan Anda akan melihat layar baru yang menanyakan apakah Anda ingin memperbarui atau menghapus paket stiker Anda.

8. Klik Update untuk menambahkan lebih banyak stiker ke paket Anda.

Cara Membuat Stiker WhatsApp di Komputer

Tak hanya bisa menggunakan ponsel berbasis Android atau iOS, membuat stiker WhatsApp juga bisa dilakukan komputer atau PC. Bantuan aplikasi BlueStacks memungkinkan Anda menjalankan aplikasi Android di PC.

1. Untuk memulai, unduh dan instal BlueStacks di PC

2. Buka BlueStacks yang sudah terinstal dan buka Google Play Store di dalamnya.

3. Klik tombol My Apps di emulator

4. Cari aplikasi Create Stickers for WhatsApp

5. Masuk ke akun Google Anda untuk unduh dan instal aplikasi dari Google Play di Bluestacks

6. Setelah masuk, proses instalasi untuk aplikasi Create Stickers for WhatsApp akan dimulai.

7. Selanjutnya gunakan aplikasi Create Stickers for WhatsApp melalui BlueStacks untuk membuat stiker WhatsApp di PC.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *