Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Skincare dari Bahan Alami

  • Bagikan
Ilustrasi cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami seperti buah Alpukat. (Foto: Istimewa)


Kondisi kulit kering bisa diatasi dengan penggunaan skincare dari bahan alami. Ketika seseorang mengalami permasalahn kulit kering, dia akan merasakan kulit wajah menjadi kaku. Rasanya tak nyaman juga mengganggu penampilan. Tapi masalah itu bisa diatasi dengan menggunakan beberapa perawatan khusus kulit atau bisa juga dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang diolah sendiri.

Terdapat beberapa kandungan nutrisi yang baik bagi keshatan kulit, sehingga mampu mengatasi kulit kering. Contohnya petroleum jelly yang berguna menahan kandungan air yang ada di dalam permukaan kulit. Sehingga kulit tetap lembab dan juga nutrisi tersebut tidak mudah menguap. Kulit pun tidak gampang kering atau dehidrasi.

Kandungan Skincare yang Cocok Untuk Kulit Kering

Beberapa produk memiliki kombinasi kandungan moisturizing dan hydrating untuk mengatasi masalah kulit kering. Selain kedua kandungan utama tersebut, tentu saja terdapat kandungan lainnya yang dapat mengatasi masalah kulit kering.

1. Hyaluronic Acid

Asam hyaluronic merupakan kandungan yang selalu diandalkan dalam perawatan kulit kering. Gunanya untuk membangkitkan hidrasi wajah, dan mengunci cairan pada wajah, agar wajah lebih terjaga kelembabannya.

2. Gliserin

Kandungan selanjutnya adalah gliserin, yang memiliki fungsi untuk mengunci kelembaban kulit wajah. Kandungan ini umum ditemukan dalam berbagai produk perawatan wajah untuk kulit kering, dengan  memberikan hasil kulit yang menjadi lebih lembap dan lembut.

3. Ceramide

Merupakan kandungan yang sering terdapat pada produk perawatan kulit kering, yang dapat memperbaiki pelindung kulit. Selain memperbaiki lapisan pelindung kulit, bahan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk melembapkan wajah.

4. Minyak Nabati

Asam lemak yang ada di beberapa minyak nabati, mampu diserap oleh kulit lebih cepat. Khasiatnya  dapat menutrisi kulit, sekaligus melembapkan dan memberikan efek lebih halus. Diantaranya ada minyak kelapa, minyak argan, minyak jojoba, yang dapat kamu manfaatkan untuk kulit kering.

5. Petroleum jelly

Merupakan kandungan yang berfungsi untuk menahan kandungan air di permukaan kulit agar tidak mudah menguap, sehingga kulit kamu tidak terasa kering.

Tips Memilih Produk Skincare Kulit Kering

Berikut beberapa tips sebelum membeli produk perawatan untuk tipe kulit kering, seperti:

1. Menggunakan skincare dasar

Mengatasi masalah kulit kering kering berjerawat itu mudah karena hanya memerlukan rangkaian skincare atau produk perawatan wajah dasar yang terdiri dari facial cleanser, toner, serum, pelembap, dan sunscreen untuk pagi hari.

2. Memilih kandungan skincare

untuk mengatasi masalah kulit kering bisa dengan memilih produk perawatan yang mengandung centella asiatica (cica), mugwort, dan ceramid, atau bisa juga menggunakan bahan aktif berupa, AHA, BHA, dan retinol untuk mengatasi kulit berjerawat. Namun, untuk pemakaian bahan aktif tersebut harus dikondisikan dengan masalah kulit masing-masing.

3. Mengindari beberapa kandungan tertentu

Dalam memilih produk skincare bagi kulit kering berjerawat memang susah-susah gampang. Untuk memudahkannya, bisa dengan menghindari skincare yang mengandung Ethanol, SLS (Sodium Lauryl Sulfate), Potassium Hydroxide, Tea Tree Oil, dan Salicylic Acid. “Kandungan tersebut bisa menyebabkan kulit makin kering,” imbuhnya.

4. Menjalani pola hidup sehat

Mengatasi masalah kulit tidak lepas dari penggunaaan skincare dan juga mengatur pola hidup sehat. Sebagus apapun skincare yang digunakan, tidak akan terlihat efektif dan maksimal jika pola hidupnya tidak sehat.

Tips Memilih Pelembab Untuk Kulit Kering

Untuk menentukan penggunaan pelembap, harus memperhatikan beberapa aspek yang meliputi:

1. Mengandung tabir surya

Pada dasarnya apapun jenis kulitnya mulai dari kering, berminyak, hingga normal pasti membutuhkan tabir surya. Jadi pastikan pelembab yang kamu gunakan mengandung tabir surya dengan kadar SPF minimal 30. Ketika memilih pelembab yang mengandung tabir surya, usahakan yang memiliki tekstur krim yang pekat untuk melindungi kulit dari kerusakan dan sinar UV.

2. Pelembab tanpa pewangi dan pewarna

Jangan memilih jenis pelembap yang memiliki warna dan berpewangi karena dapat membuat jenis kulit yang kering menjadi semakin kering, kusam, dan iritasi. Jadi pilihlah jenis pelembap yang memiliki kandungan khusus seperti bebas alkohol, bebas pewangi, dan hypoallergenic.

3. Pelembab yang mengandung antioksidan

Antioksidan sangat baik untuk kesehatan kulit, jadi pilihlah pelembab yang mengandung antioksidan tinggi seperti the hijau, chamomile, buah delima, akar licorice.Karena kandungan tersebut akan membuat kulit terlihat segar dan sehat. Selain itu antioksidan juga mampu mencegah paparan radikal bebas yang membuat sel kulit menjadi semakin banyak.

Ilustrasi madu untuk mengatasi masalah kulit kering. (Foto: Istimewa)

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

Masalah kulit kering bisa juga diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

1. Buah pepaya, alpukat, dan pisang

Buah alpukat, pisang dan pepaya selain terkenal dengan seratnya yang baik untuk pencernaan, ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan, salah satunya yaitu mengatasi kulit kering. Caranya cukup mudah, yaitu campurkan buah alpukat, pisang dan pepaya yang sudah matang menjadi satu.

Setelah itu tumbuk, campuran buah tersebut sampai halus. Jika sudah halus, oleskan pada wajah dan daerah kulit yang kering lainnya. Kemudian, biarkan selama kurang lebih 15 menit sampai kering.

2. Buah apel untuk meremajakan kulit

Buah apel terkenal dengan manfaatnya yang dapat meremajakan kulit, sehingga menjadikan kulit tetap sehat. Terdapat kandungan zat kalium dan tannin yang bermanfaat untuk mejaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak mudah kering serta menjadikan kulit tetap bersinar.

Caranya mudah sekali, yaitu parut buah apel, lalu ampas dari hasil parutan tersebut dioleskan pada kulit wajah yang kering. Jika sudah 20 menit, bilas dengan menggunakan air dingin.

3. Madu untuk mencerahkan kulit

Madu memiliki manfaat dalam menjaga kelembaban kulit serta mampu mencerahkan dan mencerahkan kulit. Bahkan madu sering digunakan sebagai obat untuk menjaga kelembaban bibir.

Cara memanfaatkan madu untuk mengatasi kulit kering pun sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan setengah sendok teh madu dengan sedikit air mawar. Oleskan pada area kulit yang kering. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Minyak almond untuk mengatasi kulit pecah

minyak almond merupakan salah satu bahan alami dan terbaik yang memiliki manfaat ampuh dalam mengatasi masalah kulit kering dan pecah-pecah. Caranya mudah sekali, cukup oleskan minyak almond sedikit saja pada bagian wajah dan daerah kulit kering lainnya. Agar lebih optimal, gunakanlah sebelum mandi.

5. Lidah buaya

Sudah banyak produk kecantikkan yang berbahan dasar lidah buaya (aloe vera), biasanya lidah buaya dijadikan gel untuk melembabkan kulit, tekstur gel lidah buaya dianggap mudah terserap oleh kulit.

6. Minyak zaitun

Antioksidan yang ada di dalam minyak zaitun dapat memberikan sensasi menenangkan pada kulit dan memperbaiki sel kulit yang rusak akibat kekeringan di wajah.

Jenis Bahan yang Harus Dihindari Jenis Kulit Kering

Ada pula beberapa jenis kandungan bahan alami yang juga harus dihindari untuk jenis kulit kering, seperti:

1. Tepung gram

Tepung gram selama ini dikenal sebagai salah satu bahan masker wajah dan lulur. Namun orang dengan kulit kering harus menghindari bahan ini apalagi selama musim hujan. Sebab tepung gram memiliki sifat mengurangi minyak, sementara kulit membutuhkan hidrasi dan nutrisi.

2. Tepung Beras

Tepung beras memiliki sifat mengencangkan kulit alami dan secara umum banyak digunakan sebagai masker wajah. Namun kandungan pati yang tinggi di dalamnya dapat mengeringkan kulit dan dapat membuat kulit terlihat kasar.

3. Lemon

Lemon dikemas dengan antioksidan dan sudah umum sebagai kandungan perawatan kecantikan. Pemilik kulit kering sebaiknya menghindari lemon yang sangat asam karena dapat mengeringkan kulit. Kulit juga bisa iritasi dan ruam.

4. Mentimun

Mentimun membantu menenangkan dan melembabkan kulit. Tapi mentimun punya sifat astringen alami dan harus dihindari selama musim dingin, karena dapat membuat kulit terlihat kering karena bisa menghabiskan minyak dari kulit, terutama di sekitar area mata.

5. Kentang

Kentang dikenal bisa mengencangkan kulit karena kandungan patinya. Namun, pemilik kulit kering sebaiknya menghindari masker dari kentang karena bisa membuat kulit terlihat kering dan kusam. Bahan dapur ini jika digunakan pada kulit yang kering dapat menyebabkan iritasi kulit.

Ilustrasi rekomendasi produk SK-II untuk atasi masalah kulit kering (foto: istimewa).
Ilustrasi rekomendasi produk SK-II untuk atasi masalah kulit kering (foto: istimewa).

Rekomendasi Produk Skincare Untuk Masalah Kulit Kering

Masalah kulit kering juga bisa diatasi dengan produk skincare yang bebas dijual di pasaran. Masing-masing skincare punya kandungan yang diunggulkan guna mengatasi kulit kering.

1. SK-II (GenOptics Aura Essence)

Produk skincare SK-II memiliki keunggulan mampu mencerahkan kulit, kaya akan kandungan antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, memiliki tekstur yang ringan serta cepat meresap, lalu aromanya pun begitu segar tetapi tidak menyengat. Namun terdapat kandungan fragrance yang kurang aman bagi pemilik jenis kulit sensitif.

2. Sulwhasoo (First Care Activating Serum EX)

Brand high end asal Korea ini memang terkenal akan perawatan untuk kulit kering dan dehidrasi, salah satunya adalah First Care Activating Serum EX, yang dapat membuat kulit menjadi kenyal bercahaya, membantu penggunaan make up jadi menempel, dan memiliki tekstur yang ringan, bisa juga digunakan oleh jenis kulit kombinasi. Namun sayangnya, produk tersebut bukan jenis skincare bebas alkohol.

3. The Body Shop (Vitamin E Intense Moisture Serum)

Produk skincare The Body Shop memiliki keunggulan yakni dapat membantu melembapkan, mengandung antioksidan dengan kandungan vitamin E, cepat meresap tanpa meninggalkan rasa, tetapi masih memiliki kandungan parfum.

4. Emina (Creamy Milk Cleansing Lotion)

Salah satu produk skincare dari brand Emina memiliki pembersih yang membantu mencegah kulit kering karena mengandung anti-aging serta bisa mencerahkan kulit, mengandung UV protection, dan teksturnya tidak lengket. Tetapi tidak disarankan bagi pemilik kulit sensitif karena masih mengandung parfum.

5. Innisfree (Green Tea Cleansing Foam)

Produk skincare Innisfree juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering karena bebas alkohol, mengandung green tea yang kaya antioksidan, dan membantu melembapkan kulit sehingga kulit menjadi segar juga bersih, namun masih memiliki kandungan parfum dan comedogenic.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *