Cara Pakai Spaces, Clubhouse Versi Twitter

  • Bagikan
Ilustrasi Twitter Space warna ungu. (Foto: Tangkapan layar)


Twitter telah mengembangkan fitur terbaru mereka yang disebut Spaces, yang terintegrasi langsung ke dalam aplikasi Twitter. Space dapat digunakan untuk semua pengguna Android. Spaces merupakan fitur obrolan suara mirip dengan Clubhouse milik Apple yang dapat disiarkan langsung secara streaming dengan pengguna Twitter lainnya. Audiens dapat ikut menjadi pendengar atau masuk dalam percakapan tersebut dengan berbagi emoji.

Fitur Spaces pertama kali diumumkan oleh pihak Twitter sejak November 2020. Mengutip situs resmi Twitter, Spaces aktif selama obrolannya masih terbuka. Jika sudah selesai, forum tersebut akan bubar dan tidak tersedia lagi.

Spaces awalnya dibuat dalam bentuk grup yang sangat kecil yang pembuatannya ditujukan untuk belajar dan mengumpulkan umpan balik dari berbagai komunitas di Twitter. Kini, hanya pengguna sistem operasi berbasis iOS saja yang dapat menikmati fitur ini. Pihak Twitter berencana akan memperluas daftar orang yang dapat membuat Spaces.

Cara menggunakan Space untuk Android

1. Buka aplikasi Twitter.

2. Anda akan melihat Spaces aktif yang disorot dengan warna ungu di strip di atas timeline Anda, tepat di samping Fleets. Ketuk Spaces untuk melihat pratinjau peserta.

3. Ketuk Gabung Spaces untuk memasuki ruang dan mulai mendengarkan percakapan yang sedang berlangsung.

4. Ketuk foto profil Anda di Fleet, gulirkan ke paling kanan, dan ketuk Spaces. Saat fitur mulai beroperasi, Anda dapat mengundang hingga 10 orang untuk bergabung dalam forum Anda.

5. Anda dapat memilih siapa saja yang dapat bergabung dengan hak berbicara dengan memilih opsi, seperti Semua Orang, Orang yang Anda Ikuti, atau “Hanya pada orang yang Anda pebolehkan untuk berbicara”. Adapun orang ini yang memungkinkan Anda mengirim undangan melalui pesan pribadi atau DM.

6. Saat mulai memakai Spaces, mikrofon Anda akan mati. Jika sudah siap berbicara, ketuk “Mulai Spaces”.

7. Izinkan akses mikrofon dengan mengaktifkan “Izinkan akses mikrofon”.

8. Pilihlah, apakah Anda ingin berbagi transkripsi atau tidak dengan mengaktifkan atau menonaktifkan tombol.

9. Jika sudah, Anda dapat mulai merekam Spaces Anda.

Siapa yang dapat melihat Spaces saya?

Untuk saat ini, Spaces bersifat publik. Mereka akan secara otomatis muncul di pengikut Fleet Anda, dan setiap Spaces memiliki tautan publik yang dapat dibagikan.

Siapa yang dapat bergabung dengan Spaces saya?

Untuk saat ini, Spaces bersifat publik dan siapa saja dapat bergabung sebagai pendengar. Jika Anda membuat Spaces, pengikut Anda akan melihatnya di Fleets mereka. Dalam hal ini, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat berbicara.

Saat menyiapkan Spaces, Anda dapat memilih siapa yang dapat bergabung dengan hak istimewa berbicara dengan memilih dari “Semua Orang”, “Orang yang Anda ikuti”, atau “Hanya orang yang Anda undang untuk berbicara”, yang memungkinkan Anda mengirim undangan DM.

Selain itu, Anda dapat mengubahnya kapan saja saat Spaces dalam percakapan terbuka.

Saat jadi “host” apa yang dapat saya kendalikan?

Host merupakan orang yang membuka suatu forum Spaces. Ia memiliki kendali atas siapa yang dapat berbicara. Tak hanya itu, host juga dapat menghapus, melaporkan, dan memblokir orang lain.

Berapa banyak orang yang dapat mendengar Spaces saya?

Tidak ada batasan jumlah pendengar, semua orang bisa saja mendengar percakapan dalam forum yang Anda buat.

Apa yang terjadi setelah Space berakhir?

Setelah host menutup forum dan obrolan berakhir, maka mereka tidak lagi tersedia untuk umum di Twitter. Pihak Twitter akan menyimpan salinan Spaces selama 30 hari setelah selesai ditunjau, apakah ada pelanggaran Peraturan Twitter atau tidak. Apabila dalam Spaces tersebut ditemukan hal yang termasuk pelanggaran, pihak Twitter akan memperpanjang waktu penyimpanan salinannya selama 90 hari lagi.

Tindakan ini dilakukan guna memberi orang yang bersangkutan mengajukan banding jika mereka yakin ada kesalahan. Host dapat mengunduh salinan data Spaces mereka selama pihak Twitter menyimpan salinannya. Pembicara dapat mengunggah salinan transkripsi dari apa yang mereka katakan di Spaces (jika mereka mengaktifkan transkripsi) selama pihak Twitter menyimpan salinannya.

Apakah Space dapat digunakan untuk akun yang “digembok”?

Akun Twitter yang “digembok” tidak dapat membuat Spaces. Mereka hanya dapat bergabung dan berbicara di Spaces orang lain saja, dan kehadiran mereka dapat dilihat oleh peserta lainnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *