CDC Sosialisasi Caldon, Ini Syarat Donor Kornea Mata

Fitria Oktafiani dalam podcast Beri Tanda RSMU. (Foto: dok.RSMU)

[ad_1]

Cornea Donation Center RS Mata Undaan Surabaya (CDC RSMU) terus berupaya melakukan sosialisasi tentang donor kornea, baik secara offline maupun online. Ternyata hal tersebut mendapat respon baik dari masyarakat. Fitria Oktafiani, tim penyuluhan CDC RSMU mengungkapkan, sejak diresmikan pada tahun 2020 lalu,  respon masyarakat terhadap CDC tergolong antusias.

“Kalau kita melakukan sosialisasi responnya lumayan sekali. Kegiatan yang kami kemas baik itu online atau offline selalu di respon baik oleh masyarakat,” ujarnya dalam Podcast Beri Tanda RSMU yang disiarkan melalui Live Instagram, Jumat, 25 Juni 2021.

Kendati demikian, Fitria berharap respon yang baik ini akan lebih mendorong banyak pihak untuk menjadi Calon Donor Kornea (Caldon). Sebab angka kebutuhan donor kornea di Indonesia mencapai 142.000, tapi yang terpenuhi hanya sekitat 17.000.

Ftria pun kembali menjelaskan, apa saja syarat menjadi Caldon. Pertama ialah sudah berusia 17 tahun keatas, kedua tidak menderita penyakit infeksi menular, seperti Covid-19, hepatitis dan lainnya.

“Syarat yang terpenting ialah mendapatkab persetujuan ahli waris, sebab peran ahli waras sangat penting ketika pengambilan kornea. Untuk diketahui kornea akan diambil ketika Caldon atau pendonor kornea sudah meninggal,” imbuhnya.

Fitria menambahkan, bila ingin menjadi Caldon tak perlu khawatir akan dikenakan biaya. Karena ini bersifat kegiatan sosial dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Dari proses pendaftaran menjadi Caldon hingga kornea diambil tidak ada biaya.

Bila Anda tertarik untuk menjadi Caldon, Anda bisa datang ke sekretariat CDC yang berada di RSMU, Jl.Undaan Kulon Nomor 17, Surabaya.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.