Dewi Corona, Disembah di India untuk Taklukkan Tsunami Covid-19

  • Bagikan
Tangkapan layar pendeta di India melakukaan pemujaan kepada patung Dewi Corona (Foto: Instagram @omg.indonesia.id)


India merupakan salah satu negara dengan kasus covid-19 terbanyak di dunia. Menurut Our World in Data tercatat ada 27.4 juta kasus dengan 24.6 juta sembuh dan 315 ribu orang meninggal. Kasus melonjak tajam selama gelombang kedua menyerang India.

Sementara, untuk mengatasi masalah tersebut, pendeta Hindu di India sembah patung Dewi Corona. Berikut penjelasannya.

Dua Patung Dewi Corona

Dua patung ‘Corona Devi’ atau dewi corona dibuat dari dua material berbeda. Yaitu kayu cendana dan batu. Patung ini diletakkan di kuil Kamatchipuri Adhinam di Kota Selatan Coimbatore, Tamil Nadu. Di mana pada daerah tersebut terdampak parah sejak empat minggu terakhir.  

Ditutup untuk Jemaah

Kuil ini tidak terbuka untuk umum dan Jemaah. Kuil ini hanya diperuntukkan untuk para pendeta. Sebab, hal ini untuk menanggulangi persebaran covid-19 akibat kerumunan.

Membayar Upeti dan Sesembahan

Pendeta yang menyembah Dewi Corona membayar upeti dengan meletakkan di depan kedua patung. Mereka juga menaruh beberapa sesembahan dan makanan. Pendeta pun tak lupa melantunkan doa kepada sang dewi agar pagebluk segera usai. Bagi para pendeta, iman ke Tuhan lebih utama lantaran dokter pun tak sanggup menangani pandemi.

 

Dimandikan dengan Susu

Setiap harinya pendeta memandikan patung kedua dewi ini dengan campuran susu dan kunyit. Pendeta akan terus melakukan ritual membersihkan serta pemujaan hingga tujuh minggu ke depan.

Kuil untuk Penyakit Cacar

Sebelum terinfeksi virus SARS-CoV-2 India pernah menderita wabah cacar. Kala itu para pendeta ini memiliki kuil serupa khusus untuk mendoakan warga agar sembuh dari penyakit itu.

Viral di Media Sosial

Penyembahan Dewi Corona itu viral di media sosial Instagram. Salah satunya setelah diunggah akun @omg.indonesia.id. Sejak diunggah, postingan itu ditonton lebih dari 6.800 orang dan mendapat 499 komentar lebih.

“Aku suka, gobloknya natural banget,” kata akun @gbriella_.

“Udahlah biarin aja, itu keyakinan mereka. Gak usah diperolok,” sahut netizen @moc.tavia18.

“Apakah patung dewi corona dijaga oleh inspektur Ladoo Singh?,” tanya pengguna bernama @ikbal.muzaki69.

 

 

 



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *