Di Filipina Mulai Ada Upacara Pemakaman Digelar Meriah Sembari Joget TikTok

[ad_1]

Pelayat menari mengikuti lagu TikTok saat upacara pemakaman

Kolase: VICE / Foto: Mary Paras

Segerombolan orang berpakaian hitam putih menari dengan lagu viral TikTok “Savage Love” di sepanjang jalan Kota Masantol, Provinsi Pampanga di Filipina. Bukan, mereka bukan seniman jalanan. Mereka juga tidak merayakan festival. Mereka sedang mengantarkan kerabat ke peristirahatan terakhir.

Sementara satu tangan membawa peti, tangan lainnya terangkat dan melambai di udara. Lagu-lagu hits semacam “Aki Aki Yay” oleh Zhafran Maulana, “Skiri,” yang di-remix DJ Rowel, dan “Binibini” oleh Zack Tabudlo menggelegar selama prosesi pemakaman Diosa Pacia, 29 tahun. Tak ada isak tangis yang terdengar, hanya kegembiraan di sekitarnya. 

Iring-iringan itu terekam dalam video yang telah ditonton ribuan kali di media sosial. Reaksi penonton beragam. Ada yang menyebut tindakan ini tidak menghormati almarhum, ada juga yang membela keluarga—mengatakan mungkin inilah yang diinginkan Diosa.

Nyatanya, itu memang permintaan terakhir mendiang.

“Diosa bilang kami tidak boleh sedih jika dia meninggal,” sang ibunda, Rosario Pacia, memberi tahu VICE.

Diosa, yang namanya berarti “dewi”, bekerja di bidang katering dan terapi pijat. Dia menutup usia pada 16 Maret 2021 karena komplikasi pada tenggorokan, darah dan kandung kemihnya. Di hari-hari terakhirnya, Diosa tinggal di rumah ibu dan dirawat oleh saudara dan sepupu.

Saudara ipar bernama Gladys Pacia berujar, Diosa berharap orang menari dan memainkan lagu bahagia saat upacara pemakamannya. Pasalnya, dia suka menari semasa hidupnya. Diosa tidak punya akun TikTok, tapi teman-temannya sering meminjamkan akun mereka.

Rosario sedih melihat anaknya kesakitan sebelum meninggal, padahal dia sosok yang sangat ceria. Sambil tersenyum, sang ibu mengenang saat-saat Diosa tampil dalam festival jalanan dan parade.

Para pelayat memahami perayaan ini murni untuk menghormati Diosa. Gladys mengungkapkan, warga yang menyaksikan di jalanan ikut menari untuk merayakan hidupnya.

Keluarga tak peduli orang memahami maksud mereka sesungguhnya atau tidak. Yang terpenting, mereka bahagia bisa memenuhi permintaan Diosa.

“Diosa pasti senang,” tutur Rosario. “Itu yang dia inginkan.”

Follow Romano Santos di Instagram.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.