Diburu jadi Obat Covid-19, Ini Kandungan Gizi dalam Air Kelapa

Ilustrasi air kelapa yang banyak dicari saat pandemi Covid-19. (Foto: istimewa)

[ad_1]

Selain susu beruang, akhir-akhir ini air kelapa hijau juga banyak diburu masyarakat. Lantaran di percaya dapat menyembuhkan Covid-19.

Melihat fenomena tersebut,  dokter spesialis gizi klinis, dokter Juwalita Surapsari, M mengatakan, kandungan nutrisi pada air kelapa bisa meningkatkan imunitas.

Ia menegaskan, jika hingga kini belum ada bukti ilmiah bahwa air kelapa mampu berfungsi sebagai obat, apalagi obat Covid-19. “Jadi bila penderita Covid-19 merasa lebih sehat setelah mengkosumsi air kelapa,  sebenarnya itu sesuatu yang bersifat subjektif dan kita harus melihatnya secara komprehensif,” ujar dokter Juwalita, Selasa, 13 Juli 2021.

Ia pun mejelaskan, kemungkinan membaiknya orang tersebut karena sudah menjalankan pengobatan yang dianjurkan. Tidak selalu pengobatan itu bersifat spesifik terhadap Covid-19, tetapi mungkin diberikan juga obat-obatan yang sifatnya suportif oleh dokter. “Kemudian mereka sudah menjalani diet seimbang yang sifatnya memang mendukung penyembuhan,” jelasnya.

Untuk meluruskan informasi yang simpang siur mengenai air kelapa untuk penyembuhan Covid-19, dokter Juwalita pun memaparkan apa saja kandungan nutrisi air kelapa dilihat dari macronutrient dan micronutrient-nya. “94 persen berisi air, 5 persen karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa, sekitar 0,02 persen protein, dan sebagian kecil sekali lemak,” paparnya.

Sedangkan, jika melihat  kandungan micronutrient-nya, memang kandungannya sangat menonjol pada air kelapa, terutama Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9. Vitamin B9 sendiri dikenal sebagai Folat. “Ternyata Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan,” paparnya.

Menurutnya, sistem imunitas manusia sangat kompleks, mulai dari luar seperti kulit, saluran pernapasan, bulu-bulu getar di saluran pernapasan, masuk lagi ke dalam ada sel-sel imun yang melawan patogen atau penyebab penyakit. Jika melihat perannya, Vitamin B6 ini perannya banyak sekali di dalam sistem imun.

“Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan Vitamin B mereka,” ungkapnya. Selain itu, lanjutnya, air kelapa juga memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi, karena mengandung kalium dan magnesium.

Kedua unsur tersebut ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Ini berarti membantu mencegah munculnya penyakit penyerta (komorbid) saat seseorang terpapar Covid-19.

“Kemungkinan juga konsumsi air kelapa bisa memberi sugesti positif pada orang yang mengonsumsinya. Semua yang sifatnya sugesti positif terhadap tubuh kita bisa membawa dampak yang baik juga,” tandasnya.

Ia menambahkan, kunci untuk memperoleh kondisi yang sehat ialah menjaga kesehatan fisik serta menjaga keseimbangan pikiran.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.