Dukung Program Satu Juta Vaksin Sehari, Gelar Vaksinasi Massal

  • Bagikan
Salah seorang warga mengikuti vaksinasi massal yang dilakukan di GOR Tawangalun Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)


Dalam rangka mendukung pencanangan satu juta suntikan vaksin covid-19 per hari, Polresta Banyuwangi menggelar vaksinasi untuk umum, Sabtu, 26 Juni 2021. Vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan di GOR Tawangalung Banyuwangi. Pada saat yang sama, vaksinasi juga di gelar di sejumlah Puskesmas yang tersebar di seluruh Banyuwangi.

“Mulai 26 hari ini Indonesia melaksanakan vaksinasi sejumlah satu juta per hari,” jelas Wakapolresta Banyuwangi AKBP Didik Hariyanto.

Dia menambahkan, Gor Tawangalun mentargetkan 1.000 orang yang mengikuti vaksinasi. Namun melihat animo masyarakat yang begitu tinggi, pihakny akan menambah pelayanan vaksinasi 1.500 sampai 2.000 vaksin.

“Kita tambah jumlahnya hingga 1.500 atau 2.000, kita lihat jumlah tenaga kesehatan dan vaksinator yang ada,” terang Didik Hariyanto.

Selain mendukung program satu juta suntikan vaksin per hari, vaksinasi ini juga bagian dari HUT Bhayangkara ke-75. Didik Hariyanto menjelaksan, Untuk vaksinasi dilaksanakan di beberapa tempat. Di wilayah kota Banyuwangi di pusatkan di GOR Tawangalun, dan pada saat yang sama juga digelar di beberapa Puskesmas.

Animo masyarakat terhadap pelaksanaan vaksinasi ini sangat luar biasa, sejak pagi buta masyarakat sudah berdatangan untuk mengikuti vaksinasi. Petugas kepolsian pun disebar untuk mengatur masyarakat.

“Terima kasih antusias masyarakat namun tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan yang kita harapkan. Besar harapan kami masyarakat yang berpartisipasi untuk tertib mengikuti dan melaksanakan protokol kesehatan sehingga pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar,” ujar Didik Hariyanto.

Dandim 0825 Banyuwangi, Letkol Infanteri Yuli Eko Purwanto bersama Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah juga sempat meninjau pelaksanaan vaksinasi di sekitar GOR Tawangalun.

Dalam kesempatan itu, Dandim menyatakan, saat ini Banyuwangi tidak sedang baik-baik saja. Untuk itu, dia meminta semua stake holder untuk bisa memberikan edukasi yang betul-betul kepada masyarakat. Dia menyebut, semuanya wajib melaksanakan protokol kesehatan demi kondusifnya Banyuwangi dalam hal kesehatan khususnya Covid-19.

“Laksanakan vaksinasi dalam rangka membentuk herd immunity supaya bisa menyelamatkan satu sama lain. Karena vaksinasi memperkecil resiko penularan Covid-19,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banyyuwangi Sugirah menyatakan, pemerintah daerah bersama Forpimda berusaha keras untuk menyelamatkan warga dari Covid-19 dengan berbagai cara, salah satunya melalui pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, antusias warga Banyuwnagi sangat luar biasa dalam mengikuti vaksinasi covid-19. Dia meminta warga Banyuwangi yang belum melaksanakan vaksinasi segera melakukan vaksinasi agar covid-19 segera sirna. Warga bisa datang ke Puskesmas untuk melakukan vaksinasi.

“Ini bagian dari upaya kita mencegah, menanggulangsi dan memutus klaster-klaster yang mungkin berkembang,” tegasnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *