Eks Pegawai KPK, Biasa Hadapi Koruptur Kini Jualan Nasgor

  • Bagikan
Juliandi Tigor Simanjuntak pose bersama  bersama eks pegawai KPK pecatan lainnya bernama Christie Afriani. (Foto: Twitter @paijodirajo)


Juliandi Tigor Simanjuntak, salah satu dari 57 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dipecat Firli Bahuri Cs, pada 30 September 2021. Terhitung sejak saat itu mereka bukan lagi dari bagian dari lembaga antikorupsi.

Juliandi Tigor Simanjuntak dkk dipecat karena tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK). Atas hal itu, mereka tidak bisa diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Setelah tak lagi berada di lembaga antirasuah untuk menangkap para koruptor, mantan biro hukum KPK itu kini punya profesi baru. Juliandi Tigor Simanjuntak beralih profesi jadi pedagang nasi goreng (nasgor) di Bekasi, Jawa Barat.

Kabar ini diungkapkan Aulia Postiera lewat akun Twitter-nya @paijodirajo. Dia juga mantan pegawai KPK yang dipecat karena gagal lolos TWK.

“Juliandi Tigor Simanjuntak nama lengkapnya, mantan Fungsional Biro Hukum KPK. Aktivis gereja yang rendah hati. Sesuai namanya, dia lelaki yang tegar dan penuh semangat,” cuit Aulia Postiera, Senin, 11 Oktober 2021.

“Sementara ini, mengisi harinya dengan jualan nasi goreng di dekat rumahnya,” sambungnya sambil mencantumkan foto Juliandi Tigor Simanjuntak bersama eks pegawai KPK lainnya bernama Christie Afriani.

Aulia Postiera menyampaikan, Juliandi Tigor Simanjuntak telah bekerja di lembaga antirasuah selama belasan tahun. Namun dedikasinya, dihancurkan lewat TWK.

“Tigor adalah 1 dari 57 orang pegawai KPK yang dipecat melalui akal-akalan TWK Pimpinan @KPK_RI pada tanggal 30 September 2021. Dedikasinya selama belasan tahun dihancurkan hanya dengan 2 hari tes yang terbukti telah melanggar HAM, serta terdapat maladministasi dan pelanggaran etik,” ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Aulia Postiera pun menyinggung aksi Firli Bahuri yang pernah menunjukkan kebolehannya memasak nasgor pada 2019 lalu. Menurutnya, nasgor Juliandi Tigor Simanjuntak lebih lezat ketimbang buatan Firli Bahuri.

“O iya, nasgor ala Bang Tigor tentunya jelas lebih lezat dan profesional jika dibandingkan dengan nasgor abal-abal yang cuma modal pencitraan ini,” ulasnya.

Sementara itu, Chriestie Afriani juga mengunggah foto yang sama ke akun Twitter miliknya. Chriestie mengenalkan Tigor ke suaminya sebagai “teman geng 57”.

“Tadi aku datang sama suami, kebetulan di sana ada istri beliau juga. Masing-masing kami saling mengenalkan ‘ini temenku, geng 57 juga’,” cuit Chriestie.

“Senang sekali rumahku dekat sama warung Nasi Goreng KS Rempah usaha Bang Tigor ini, sambil makan bisa sekalian gosip juga deh,” sambungnya.

Yudi Purnomo Harahap, rekan Juliandi Tigor Simanjuntak sesama mantan pegawai KPK yang dipecat karena tidak lolos TWK, juga mengunggah usaha nasgor tersebut. “Kalau laper daerah Bekasi, ke nasi goreng bang Tigor yang tweeps, mantan punggawa biro hukum KPK saat menghadapi para tersangka yang praperadilan,” tulis Yudi di akun Twitter miliknya @yudiharahap46.

Dalam postinganya itu, Yudi Purnomo Harahap menuliskan lokasi Juliandi Tigor Simanjuntak berjualan yakni di Jalan Hankam No 88 RT 2/RW6 Jatirahayu Kecamatan Pd Melati, Kota Bekasi.

Di sisi lain, puluhan mantan pegawai KPK telah “dipinang” Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk bergabung ke Korps Bhayangkara sebagai ASN. Menurut Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, pihaknya masih menggodok rencana tersebut. Namun, koordinasi antara Polri dengan pihak yang akan direkrut sejauh ini sudah terjalin.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *