Elektabilitas Puan Sebagai Capres Hanya 0,6%, PDIP Tidak Pikirkan Survei

  • Bagikan



SuaraKupang.com – Elektabilitas Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) yang juga ketua DPR RI Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) hanya 0,6%. PDIP menyebut tidak memikirkan survei, karena fokus dalam penanganan pandemi Covid-19. Politikus PDIP Arteria Dahlan menyatakan Puan pun sedang sibuk mengurus pandemi.

Menurutnya, setiap hari Puan turun ke lapangan mendengar dan menampung aspirasi masyarakat terkait kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kemudian, fokus mencermati data masyarakat terkonfirmasi Covid-19, serta mengajukan saran strategi pemulihan ekonomi nasional. Tak hanya itu, Puan terlibat mengawal jaring pengaman sosial (JPS).

“Jujur, saat ini tiga pilar partai yang ada di eksekutif, legislatif dan struktur partai, semua lagi tak mikirin survei, popularitas atau pencitraan, karena ada kepentingan yang lebih besar,” katanya,  (06/08/2021).

Meski begitu, dirinya menegaskan, bahwa PDIP menghormati hasil survei Indostrategic terkait elektabilitas capres.

“Pada prinsipnya kami menghormati hasil survei Indostrategic, silakan saja. Kami santai saja, karena kami kan belum bergerak, Mbak Puan pun belum sama sekali bergerak,” ungkapnya.

Arteria mengatakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (pilpres) 2024 pun masih jauh. Segala sesuatu dalam politik, katanya, dapat berubah. Sebagai contoh, saat maju Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (pilgub) Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas rendah. Namun saat itu, Puan memimpin langkah pemenangan dan turun ke lapangan, akhirnya menjadi pemenang.

Diketahui, elektabilitas Puan Maharani berada di urutan ke-12. Dalam survei yang dilakukan pada 23 Maret-1 Juni 2021 dengan total responden 2.400 yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan dengan metode multistage random. Survei dilakukan secara tatap muka dengan mengedepankan protokol kesehatan. Angka margin of error +/- 2%, pada tingkat kepercayaan 95%.


Photo Credit: Ketua DPR Puan Maharani mengajak masyarakat ikut memberikan masukan dalam pembahasan RUU Prioritas. TELEGRAF

 

A. Chandra S.
Latest posts by A. Chandra S. (see all)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *