Emoji Bendera Merah di Twitter, Ini Artinya

  • Bagikan
Emoji atau emoticon red flag atau bendera merah. (Foto: Twitter)


Twitter diramaikan dengan twit emoji bendera merah atau red flag. Dari data yang diungkap Twitter, di Amerika serikat saja selama seminggu terakhir ini, penggunaan emoji bendera merah dalam twit mengalami peningkatan hingga 455 persen. Sedangkan secara global, tercatat ada sekitar 1,5 juta twit secara global yang mencantumkan emoji bendera merah di dalamnya, per 12 Oktober 2021 saja.

Sebagian orang mungkin bertanya-tanya, mengapa emoji bendera merah populer, dan apa artinya? Bendera merah dalam kamus Merriam-Webster, memiliki arti sebagai “sinyal” atau tanda peringatan. Selain itu, bendera merah juga menggambarkan sesuatu yang menandakan adanya bahaya, masalah, atau ketidakteraturan.

Masih dari kamus yang sama, red flag pertama kali diartikan sebagai kata benda pada tahun 1748. Sedangkan, menurut lama Emojipedia, emoji bendera merah atau yang disebut “Triangular Red Flag”, biasanya dikaitkan dengan olahraga golf.

Emoji red flag juga dapat diartikan sebagai “penanda” adanya masalah atau isu-isu penting lainnya. Di sisi lain, psikolog asal Inggris bernama Madeleine Mason Roantree menjelaskan, bendera merah dapat diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan pasangan kita, yang menunjukkan kurangnya rasa hormat, integritas, atau minat terhadap hubungan.

Red Flag Populer

Menurut laman The Mary Sue, tren penggunaan emoji bendera merah dimulai sejak pengguna Twitter dari kalangan kulit hitam ramai mengunggah twit yang membahas tentang tanda bahaya yang perlu diwaspadai dalam hubungan asmara. Seperti misalnya, ada twit yang dimaksudkan kepada pasangan yang tidak segera membalas pesan padahal sedang online.

Kemudian ada juga yang ditujukan untuk pasangan yang mengatakan mereka masih berteman dengan mantan kekasihnya. Atau juga tentang pasangan yang masih menjalani hubungan namun sudah jarang melakukan komunikasi.

Meski dimulai dengan twit mengenai persoalan hubungan asmara, pada perkembangannya, emoji bendera merah juga digunakan oleh pengguna Twitter untuk mengekspresikan opini mereka tentang film, musik, makanan, politik, hingga anekdot atau lelucon. Tak cuma pengguna Twitter biasa, tren emoji bendera merah ini juga diikuti oleh akun resmi brand-brand besar. Salah satunya merek teknologi ternama yakni Qualcomm Snapdragon.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *