Fientje Suebu, Perempuan Papua Pertama Jadi Dubes Indonesia

  • Bagikan
Fientje Suebu, perempuan Papua pertama jadi Dubes Indonesia, setelah 31 tahun berkarir di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)


Fientje Suebu, perempuan asal Sentani Papua dilantik sebagai Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Selandia Baru oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Ia dilantik bersama 17 dubes lainnya oleh Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Senin 25 Oktober 2021.

Perempuan asal Papua tersebut ternyata sudah 31 berkarir di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Sebelum dilantik, Fientje Suebu dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan pada 12-14 Juli 2021.

Dikutip dari Peranperempuan.id, Fientje Suebu adalah anak perempuan satu-satunya di antara lima putra seorang kepala suku di Papua. Ia sempat menempuh pendidikan di Sekolah Dinas Luar Negeri.

Sebelum dilantik sebagai Kedubes Selandia Baru, Fientje menjabat sebagai Wakil Kepala Perwakilan di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk India. Ia menduduki jabatan tersebut sejak Februari 2018.

“Bangga dipercayakan dengan posisi ini dan ini merupakan kehormatan bagi saya dan keluarga untuk bisa melayani bangsa,” ujarnya.

Berikut ini infografis Fientje Suebu, Perempuan Papua Pertama Jadi Dubes Indonesia:

Infografis Fientje Suebu, Dubes Indonesia untuk Selandia Baru. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *