Euro, Viral  

Final Euro Italia Vs Inggris di Stadion Wembley Diwarnai Protes

Ilustrasi laga final Italia vs Inggris di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin 12 Juli 2021. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)

[ad_1]

Jadwal final Euro 2020 telah diketahui. Dua tim berhasil lolos ke partai puncak ialah Tim Nasional (Timnas) Inggris dan Italia. Pertemuan Italia vs Inggris sendiri pada babak final Euro 2020 dijadwalkan berlangsung pada Senin, 12 Juli 2021 mulai pukul 02.00 waktu Indonesia. Laga final ini akan digelar di Stadion Wembley, London, Inggris.

Italia Vs Spanyol

Dalam menyegel tiket ke babak final, Italia bisa mendapatkannya lebih dahulu. Gli Azzurri (julukan Timnas Italia) memastikannya usai mengalahkan Spanyol dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Spanyol, Rabu 7 Juli 2021 dini hari waktu Indonesia.

Laju Jorginho dan kawan-kawan tak mudah untuk bisa lolos ke babak final. Mereka harus memeras keringat lebih banyak untuk mengalahkan Spanyol hingga melewati babak adu penalti. Skor 1-1 terjaga hingga babak tambahan waktu.

Di babak tersebut, para pemain yang ditunjuk menjadi eksekutor Italia pun berhasil bekerja dengan baik. Begitu juga dengan sang penjaga gawang, Gianluigi Donnarumma yang berhasil mencegah dua bola tendangan Daniel Olmo dan Morata. Alhasil, Italia menang dengan skor 4-2.

Inggris Vs Denmark

Inggris menyusul untuk lolos ke babak final. Skuad The Three Lions (julukan Timnas Inggris) baru saja menyegel tiket ke partai puncak Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Denmark.

Tak jauh berbeda dengan Italia, Harry Kane dan kawan-kawan juga dipaksa bekerja lebih keras lagi untuk lolos ke babak final. Inggris harus bertanding di Stadion Wembley, pada Kamis 8 Juli 2021 dini hari waktu Indonesia itu hingga babak tambahan waktu.

Skor 1-1 bertahan hingga 90 menit waktu normal pertandingan.

Denmark sebelumnya sudah berhasil mengawali laga dengan baik hingga membuka keunggulan lebih dahulu lewat aksi Mikkel Damsgaard pada menit 30. Tetapi, 9 menit kemudian, Inggris menyamakan kedudukan akibat kesalahan Simon Kjaer.

Di babak tambahan, Inggris mendapat peluang emas lewat hadiah penalti yang diberi wasit usai Raheem Sterling dilanggar di kotak terlarang. Sejatinya, tendangan Harry Kane bisa ditepis Kasper Schmeichel kala itu. Tetapi, Kane bisa menyambar langsung bola liar hingga berbuah gol. Skor 2-1 pun bertahan hingga akhir babak tambahan hingga Inggris lolos ke final.

Venue Final Euro Tuai Protes

Pelatih Tim Nasional (Timnas) Italia, Roberto Mancini, sempat mengkritik venue semifinal dan final Euro berlangsung di Stadion Wembley, London, Inggris. Mancio, sapaan akrabnya, kesal karena akibat pertandingan digelar di sana, warga Italia yang tidak berdomisili di Inggris, dilarang mendukung langsung di stadion.

“Saya pikir itu sangat tidak adil (aturan hanya warga Italia yang berdomisili di Inggris yang diizinkan datang langsung ke stadion) jika saya boleh jujur. Kami lebih baik bermain di depan banyak orang daripada bermain di depan beberapa orang. Hal itulah hebatnya sepakbola dan hiburan secara umum,” kata Mancini mengutip dari Goal International.

Tanggapan Media Inggris

Pernyataan Mancini mendapat respons dari media asal Inggris, Daily Mail. Merujuk dari banyaknya supporter Italia yang memadati Stadion Wembley saat bertemu Spanyol, itu berarti Jorginho dan kawan-kawan tak perlu takut kehilangan dukungan. Sekadar informasi, stasiun-stasiun di sekitaran Stadion Wembley bak lautan biru karena dibanjiri suporter Italia.

“Alat transportasi di London atau lebih tepatnya La Linea Metropolitana, bak lautan biru beberapa jam sebelum kick off Italia vs Spanyol. Karena itu kalau dipikir-pikir, Mancini tak perlu khawatir,” tulis Daily Mail.

Infografis laga final Euro 2020, timnas Italia vs Inggris. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)
Infografis laga final Euro 2020, timnas Italia vs Inggris. (Grafis: Fa Vidhi/Ngopibareng.id)



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.