Gowes Lebih Aman dengan Lampu Sepeda di Pedal

  • Bagikan
Lampu di pedal karya Arclight. (Foto: Istimewa)


Dengan banyaknya pesepeda di jalan raya membuat pengguna jalan lain harus ekstra waspada. Karena sekarang sepeda juga digunakan sebagai sarana transportasi apalagi di negara-negara maju. Indonesia-pun sudah mulai banyak pesepeda menggunakannya untuk bike to work.

Lampu dan reflektor sangat berguna agar pengguna jalan lain mengetahui keberadaan cyclist. Terutama saat pagi hari ketika matahari belum maksimal. Dan malam hari.

Arclight membuat lampu yang bisa dipasang di pedal. Dan sangat cocok untuk sepeda apapun. Meskipun begitu, nampaknya ini cocok untuk sepeda communter, sepeda lipat, dan mountain bike. Kurang cocok untuk road bike karena biasanya road bike menggunakan pedal clipless.

Karena lampu itu diletakkan di pedal, maka juga memberikan cahaya ke aspal dan lebih efektif memberikan peringatan kepada pengguna jalan lain. Arclight menggunakan lampu LED dan dicharge sistem USB.

Ada sensor di pedal yang akan langsung mengaktifkan lampu bila dikayuh. (Foto: Istimewa)

Lampu putih dan merah itu tidak paten. Terpasang ke dalam rumah pedal dan dipegang oleh magnet Sehingga dalam dibongkar pasang. Dan dipindah ke tempat lain misal ke seatpost atau seat stay.

Uniknya pedal Arclight ini ada sensornya. Sehingga ketika pedal bergerak lampu langsung nyala. Dan sensor itu bisa mengetahui mana yang nyala putih dan mana yang nyala merah. Cara mematikanpun ada sensor otomatisnya.

Lampu bisa dilepas dan dipasang dari pedal. (Foto: Istimewa)
Lampu bisa dilepas dan dipasang dari pedal. (Foto: Istimewa)

Pedal dan lampu ini berbahan IP64 waterproof (dapat menahan cipratan air). Menurut pembuat Arclight. Lampu ini dapat menyala konstan selama tiga jam. Berkedip selama 11 jam dan menyala kombinasi selama 36 jam.

Arclight ini sekarang sedang dalam proses produksi dan sudah didukung lebih dari 700 orang di situs Kickstarter. Apabila tertarik, bisa diorder di website penggalang dana, Kickstarter itu.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *