Gowes Walikota Malang Diduga Langgar PPKM, Pemkot Buka Suara

  • Bagikan
Jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saat mencoba masuk Pantai Kondangmerak (Foto: istimewa)


Sebuah video beredar melalui pesan berantai Whatsapp yang menggambarkan Walikota Malang, Sutiaji berserta rombongan gowes, memasuki Pantai Kondangmerak, Kabupaten Malang. Padahal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang memiliki kebijakan masih menutup seluruh destinasi wisata di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) termasuk pantai.

Setelah dikonfirmasi, peristiwa tersebut berlangsung pada Minggu, 19 September 2021. Dimana, Walikota Malang Sutiaji beserta rombongan pejabat Pemkot Malang melakukan gowes di Pantai Kondangmerak Kabupaten Malang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso mengatakan bahwa agenda ke Kondangmerak merupakan bagian dari acara rutin bersepeda Walikota Malang, Sutiaji.

“Ini dilaksanakan secara rutin dan tentunya tetap berpegang pada protokol kesehatan. Bukan konteks pantainya, lebih ke tempat finish akhir di sana (pantai Kondangmerak). Tidak direncanakan untuk transit dalam waktu lama,” ujarnya pada Senin 20 September 2021.

Sebelum acara gowes menuju Pantai Kondangmerak tersebut kata Erik, pihaknya mengaku sudah melakukan komunikasi dengan pengelola dan satgas setempat dua hari yang lalu.

“Utamanya lebih karena di sana tidak ada sinyal untuk komunikasi secara detail di awal, sehingga ada misskomunikasi dan misskoordinasi dengan Satgas yang berjaga di pintu depan,” katanya.

Atas kejadian tersebut kata Erik Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meminta maaf kepada masyarakat dan juga Pemkab Malang beserta Satgas Covid-19 setempat.

“Dalam konteks ini, pastinya kami benar-benar menyampaikan permintaan maaf dan permohonan maaf sebesar-besarnya. Untuk selanjutnya, kami akan mengikuti alur proses yang nantinya akan ditetapkan baik dari Polres Malang ataupun Polsek setempat,” ujarnya.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *