Gubernur Jatim Kandidat Ketua IKA UA, Ini Mekanisme Pemilihannya

  • Bagikan
Delapan kandidat ketua IKA UA periode 2021-2025. (Foto: Istimewa)


Delapan nama kondang memperebutkan jabatan Ketua Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) periode 2021-2025. Mereka bakal bertarung dalam Kongres X IKA UA di Surabaya, Sabtu, 3 Juli 2021.

Delapan nama tersebut antara lain, Khofifah Indar Parawansa, Abdul Kadir Jailani, Dimas Oky Nugroho, Hendy Hendarto, Indra Nur Fauzi, Kohar Hari Santoso, Moh. Adib Khumaidi, dan Paulus Totok Lucida.

Pelaksana Tugas (PLT) IKA UA Dr Akmal Boedianto mengatakan, delapan nama tersebut muncul dari usulan dari bacaketum dan komisariat IKA cabang atau wilayah.

“Kandidat harus dilampiri kesediaan dari bacaketum yang bersangkutan. Dari usulan-usulan tersebut muncul delapan nama di atas,” kata Akmal saat dihubungi Ngopibareng.id, Senin, 21 Juni 2021.

Akmal menyampaikan, setelah diusulkan oleh bacaketum tahap selanjutnya ialah validasi data yang sudah dilakukan 15-17 Juni lalu. Delapan nama di atas dinyatakan lolos sebagai calon ketua umum (caketum).

“Tahap berikutnya kampanye atau sosialisasi program para caketum tanggal 21 sampai 25 Juni. Ini bersifat sukarela tidak wajib dan kalau dilakukan diadakan oleh calon sendiri,” paparnya.

Ia menambahkan, mekanisme pemilihan nantinya dilakukan dengan sistem one man one vote oleh peserta kongres yang berstatus utusan.

“Peserta kongres yg berstarus utusan. Ialah dewan pertimbangan,  pengurus pusat, pengurus wilayah, pengurus cabang 3 orang dan pengurus komisariat fakultas 3 orang,” imbuhnya.

Utusan yang tidak dapat hadir karena sesuatu hal mengingat pandemi Covid-19, tetap tidak kehilangan hak untuk memilih karena disediakan sarana online dengan google meet dan chat.



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *