Gunung Merapi Erupsi, 2 Kali Awan Panas Meluncur Sehari

  • Bagikan
Gunung Merapi mengeluarkan guguran awan panas. Terakhir jarak luncurnya hingga 3 kilometer. (Foto: Twitter BPPTKG)


Gunung Merapi kembali erupsi pada Sabtu, 28 Agustus 2021, pukul 16:20 WIB. Awan panas meluncur hingga jarak 3 kilometer. BPPTKG sendiri menetapkan status Siaga pada Gunung Merapi sejak 5 November 2020 lalu.

Gunung Merapi Erupsi

Dikutip dari akun Twitter BPPTKG terdapat keterangan adanya awan panas guguran Gunung Merapi tanggal 28 Agustus 2021 pukul 16.20 WIB.

Selain itu tercatat pula dalam seismogram, terdapat gempa dengan amplitudo 60 mm dan durasi 234 detik. Sementara kondisi cuaca berkabut dengan estimasi jarak luncur 3000 meter ke arah barat daya.

Guguran Awan Panas Kedua

Erupsi Gunung Merapi berupa guguran awan panas pada sore ini bukan yang pertama terjadi.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida dalam keterangannya menyebut telah terjadi dua kali luncuran awan panas Gunung Merapi hari ini. Luncuran awan panas pertama hari ini terjadi pada pukul 05.36 WIB.

“Awan panas pukul 05.36 WIB tercatat di seismogram dengan amplitudo 37 milimeter dan durasi 190 detik. Jarak luncur 2.000 meter ke arah barat daya,” katanya, dikutip dari detik.com.

Potensi Bahaya

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah berstatus siaga sejak 5 November 2020.

Sejumlah ancaman bahaya saat ini antara lain berupa guguran lava dan awan panas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 kilometer ke arah sungai Woro, dan sejauh 5 kilometer ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. (Dtk/Pit)



  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *