Gus Ipul Gandeng Uniwara, Kolaborasi Bangun Kota Pasuruan

Wallikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dalam talkshow bersama Uniwara via Zoom. (Foto: istimewa)

[ad_1]

Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) menjadi narasumber dalam acara talkshow bersama Universitas PGRI Wiranegara (Uniwara) dengan tajuk Membangun Sinergi Perguruan Tinggi Dengan Pemerintah Daerah Untuk Mensukseskan Pembangunan Kota Pasuruan Sebgai Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, dan Harmoni Warganya).

Digelar pada hari Senin tanggal 28 Juni 2021, Gus Ipul mengikuti acara ini di Media Command Centre (MCC) Kota Pasuruan sedangkan Mas Adi mengikuti melalui Kantor Wakil Walikota Pasuruan. Talkshow yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Uniwara Kota Pasuruan ini dihadiri Rektor Uniwara Kota Pasuruan, Daryono, Wakil Rektor I, II, dan III Uniwara, para Dekan, para Dosen, serta Ketua PPMPT yang turut mengikuti melalui ruang virtual.

Dalam pemaparan yang diawali dengan konsep Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah kotanya, Harmoni Warganya) ini Gus Ipul menyampaikan jika masyarakat saat ini hidup dalam dunia yang dinamis, tidak linier, kompleks, ada ketidakpastian, multipersepsi, dan jarak antar negara menjadi tak terasa (borderless).

Dari banyak keterbatasan tersebut, masyarakat dituntut berkolaborasi antar sektor, salah satunya antara pemerintah dan perguruan tinggi agar dapat adaptif, lincah, dan lebih antisipatif dalam menghadapinya. “Dalam hal ini kami menggunakan konsep pentaholic mengiringi proses pembangunan pemerintah, yaitu kolaborasi antara akademisi, ada bisnis swasta, komunitas, pemerintah, dan media,” ujar Gus Ipul. Karena kota yang maju ada perguruan tinggi yang baik dan ikut mewarnai pembangunan dalam memajukan kota tersebut.

Mengingat banyak hal yang dapat dijadikan jembatan kolaborasi antara pemkot dan kampus, Gus Ipul meminta agar memaksimalkan pembinaan mahasiswanya untuk menyelesaikan masalah di dalam kota. “Jangan jauh-jauh cari KKN, di sini saja banyak masalah yang perlu dibantu oleh mahasiswa Uniwara. Kampus ini sudah dikenal lama oleh masyarakat, maka ayo kerja sama bareng-bareng dan kita perkuat warna lokalnya agar bisa berperan lebih nyata menuju Pasuruan Kota Madinah,” pungkas Gus Ipul.

Dalam hal ini Mas Adi juga menyampaikan, jika pengembangan Uniwara yang didukung sejumlah fakultas baru, mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat dan pemkot siap berkolaborasi. “Harapan kami, Uniwara mampu berinovasi dan ide gagasan yang sinergi dengan rumus Pasuruan Kota Madinah, terutama terkait harmoni warganya,” ucap Mas Adi.



[ad_2]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.